Proses Mendesain Poster dengan Tangan Kelas 6

gurune.net – hai sobat gurune, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Gerabah dan Batik Nusantara perlu terus dipromosikan agar dikenal lebih luas, baik oleh konsumen dalam negeri maupun mancanegara. Salah satunya melalui poster. Nah, hari ini kita akan belajar bagaimana Proses Mendesain Poster dengan Tangan. Yuk, kita simak pembahasannya.

Mengamati Proses Mendesain Poster dengan Tangan

Amati poster berikut.

Nah sobat, sebelum kita mempelajari Proses Mendesain Poster dengan Tangan kita amati dulu poster beriku ini.

Mengamati Proses Mendesain Poster dengan Tangan

Diskusikan pertanyaan berikut dalam kelompok Setelah kalian memperhatikan dua poster diatas, dsikusikan pertanyaan ini dengan teman kalian ya.

1.Bagaimana pendapatmu tentang poster tersebut? Jelaskan!

Pendapat saya adalah poster tersebut masih kurang karena tidak mencantumkan keterangan yang lengkap yaitu tempat diselenggarakannya pameran tersebut.

2. Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk membuat poster?

Ketrampilan yang diperlukan adalah kreatifitas dan ketrampilan menggambar dan menulis

3. Bisakah kamu menduga langkah-langkah cara membuat poster tersebut? Jelaskan.

Ya, saya bisa menduga cara membuat poster yaitu:

  1. Menentukan tema kegiatan
  2. Membuat rancangan poster
  3. Menyiapkan alat dan bahan untuk membuat poster
  4. Menuliskan keterangan secara lengkap
  5. Menuangkan judul poster dan keterangannya dalam bentuk gambar yang menarik dalam bentuk sketsa
  6. Memberikan warna yang menarik pada sketsa yang sudah di buat

Setelah kalian mengamati contoh poster pameran batik dan gerabah Nusantara. Sekarang, tugas kalian adalah membuat poster tentang pameran seni tradisional yang disesuaikan dengan budaya daerahmu. Tapi Sebelumnya, perhatikan langkah-langkah berikut ini 

Proses Mendesain Poster dengan Tangan

Langkah 1

Siapkan kertas polos, pensil, dan pensil warna. Merancang poster dengan tangan bisa sangat menyenangkan. Kamu akan mengetahui beberapa hal yang akan membantu postermu tampak indah dan menarik.

Baca Juga :  Presentasi hasil pengamatan benda magnetis

Langkah 2

Pilih kertas polos sesuai keinginan Ketika kamu merancang poster dengan tangan, kamu dapat menentukan ukuran kertas sesuai keinginanmu.

Buatlah 3 garis tipis

Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari atas halaman kertas). Kamu akan menulis judul postermu pada bagian ini. Gambar garis mendatar (sekitar 6 cm dari bawah halaman kertas). Kamu akan menulis informasi tentang hal-hal yang kamu ingin supaya orang lain mengetahuinya, misalnya mencantumkan tempat, tanggal, nomor telepon, seperti “Kunjungilah pameran kami!”

Langkah 4

Buatlah judul Buatlah judul pada bagian atas kertas. Tulislah huruf-huruf dengan pensil secara tipis. Kamu dapat menyesuaikan besar huruf dengan ukuran kertas.

Langkah 5

Buatlah catatan kaki Gambar dan buat tulisan secara tipis pada bagian bawah kertas.

Langkah 6

Isi bagian tengah Isi bagian tengah dengan gambar yang berkaitan dengan gagasan utama postermu. Untuk poster pameran seni, kamu akan membuat gambar yang berkaitan dengan pameran, misalnya gerabah. Kamu dapat membuat satu atau beberapa gambar. Buatlah sketsa dengan tipis.

Langkah 7

Warnailah Postermu Sekarang, setelah poster yang kamu rancang selesai dan kamu yakin dengan tampilannya, dengan hati-hati, gambarlah huruf-huruf dengan menggunakan spidol, pensil warna, atau krayon.

Langkah 8

Lakukan Eksperimen Ini hanya panduan umum. Silakan bereksperimen sesuai kreativitasmu.

Sumber: http://id.wikihow.com/Mendesain-Poster (dengan perubahan)

Sekarang, saatnya kamu merancang poster dengan menggunakan tangan. Tuliskan rencanamu terlebih dahulu pada kolom berikut berdasarkan langkah-langkah di atas.

Diskusikan rencana yang telah kamu buat dalam kelompok. Mintalah saran dari teman-temanmu agar poster tersebut lebih menarik.

(gurune akan mencontohkan rencana poster pameran kebudayaan. Sobat dapat mengembangkan sesuai dengan pengalaman sobat sendiri ya) 

Contoh Rencana Pembuatan Poster Pameran Kebudayaan

Judul Poster: Pementasan Kuda Lumping
Tempat        : Halaman Balai Desa
Waktu          : Hari Minggu, 13 September 2020 Pukul 08.00
Kata-kata menarik

 

: Hadiri pementasan kuda lumping “Lingga Buaana “ Desa Sukamaju

Kamu akan melanjutkan pembuatan poster di pertemuan berikutnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris SMA Kelas VIII Kurikulum Merdeka Halaman 214

 Simpulan

Demikianlah pembahasan artikel Mengamati Proses Mendesain Poster dengan Tangan kelas 6. Sobat harus ingat langkah-langkah membuat posternya ya. Kalian juga coba membuat poster tersebut di rumah. berikan gambar dan warna yang menarik. Kalian dapat meminta bantuan pada orang tua. semoga bermanfaat.

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.