Jawaban Dari Cerita Pak Welly

Konten [Tampil]

Manusia memiliki kebutuhan yang harus dipenuhinya. Kebutuhan manusia bisa didapatkan dengan cara bekerja. Mengapa orang harus bekerja? Apa manfaat yang diperoleh dari pekerjaan itu?

Ayo Membaca!
Setiap orang memiliki tujuan saat bekerja. Banyak yang memiliki tujuan mulia saat memilih suatu pekerjaan. 

Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang bekerja untuk kepentingan orang lain? Kamu akan belajar tentang hal tersebut melalui cerita pendek berikut.
Bacalah cerita di bawah ini dalam hati!

Cerita Pak Welly


Pak Welly adalah Kepala Sekolah Dasar Cemara di pelosok Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Beliau lahir di Labuha, Maluku Utara. Di sekolah ini, muridnya juga berasal dari berbagai daerah. Pak Welly senang melihat murid- muridnya dapat belajar dan bermain bersama tanpa mempersoalkan asal- usul. Semua unik, baik sifat maupun kecerdasannya.

Sudin adalah penduduk asli Grobogan. Ia seorang anak yang suka membaca, percaya diri, dan pandai berpidato. Pak Welly ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga melalui lomba pidato yang sebentar lagi akan diadakan di tingkat nasional.

Sambil berpikir bagaimana memperoleh dana, Pak Welly mendaftarkan Sudin sebagai peserta lomba. Ia melatih Sudin setiap hari. Semakin dekat ke hari lomba, Pak Welly risau. Andai saja gajinya cukup untuk mendanai Sudin ke kota, pikirnya.

Hingga suatu sore terlintas ide di benaknya. Dipandangnya kebun pisang di belakang sekolah. Hampir semua pohon sudah berbuah dan siap panen. Esok paginya ia mengumpulkan guru, penjaga sekolah, serta murid Kelas 4, 5, dan 6. Mereka bergotong royong memanen pisang. Kemudian pada hari Senin pagi, ia mengundang pejabat setempat untuk hadir pada upacara bendera. 

Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan serta Ketua RW dan Ketua RT dimintanya datang. Apa yang direncanakan Pak Welly?
Rupanya Pak Welly ingin menyelenggarakan lelang pisang di sekolah. Murid kelas 4, 5, dan 6 sudah dilatihnya untuk menjadi petugas lelang. Siapa calon pembelinya? Para bapak dan ibu pejabat daerah yang diundangnya. 

Sebelum lelang dimulai, ia sampaikan bahwa dana hasil lelang akan digunakan untuk mengirim Sudin mengikuti lomba pidato di kota. Para pejabat kagum dan terharu menyaksikan usaha Pak Welly, sang kepala sekolah dari timur negeri. Tekad serta usaha mendukung kemajuan muridnya sungguh menyentuh hati. Dalam sekejap pisang habis dilelang. Dana yang terkumpul lebih dari cukup untuk memberangkatkan Sudin.

Didampingi Pak Seto, guru kelasnya, Sudin pun berangkat ke kota. Sudin berhasil mempersembahkan piala juara pertama lomba pidato untuk sekolahnya. Tak sia-sia usaha Pak Welly dan seluruh warga sekolah.

Jawablah pertanyaan berikut!

1.  Sebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita di atas!

Pak Welly, Sudin, Bapak Lurah, Kepala Dinas penidikan, Ketua RW dan ketua RT

2.  Apa yang diharapkan oleh Bapak Welly?

Pak Welly ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga melalui lomba pidato yang sebentar lagi akan diadakan di tingkat nasional

3.  Mengapa Bapak Welly memiliki harapan tersebut?

Karena agar Sudin yang suka membaca, percaya diri, dan pandai berpidato dapat memperoleh pengalaman yang berharga melalui lomba pidato

4. Apa yang dilakukan Bapak Welly dan siswa di sekolahnya?

Pak Welly ingin menyelenggarakan lelang pisang di sekolah untuk menggalang dana

5.  Tokoh mana yang paling kamu sukai? Mengapa?

Pak Welly, karena Pak Welly memiliki tekad dan usaha untuk mendukung kemajuan muridnya

Pekerjaan ayahku adalah seorang nelayan. Aku sangat bangga dengan ayahku. Apakah kamu tahu alasannya?

Ayo Berdiskusi!

Nelayan Tradisional

Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ayah tinggal di kampung nelayan. Ayah pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.

Saat berlayar, Ayah harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak perlu membeli bahan bakar.

Aku mendengar sekarang ada nelayan yang modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terguncang ombak. Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal tidak memedulikan penggunaan bahan bakar. Ada yang boros sehingga mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas sehingga tangkapan ikannya banyak. Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan juga radar yang bisa mendeteksi kumpulan ikan, bahkan ada yang menggunakan bom.
Jawablah pertanyaan berikut!

1.  Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan?

Nelayan tradisional menangkap ikan dengan menggunakan jaring dan sampan untuk berlayar

2.  Apa yang digunakan oleh nelayan modern untuk menangkap ikan?

Nelayan modern menangkap ilan menggunakan kapal besar yang menggunakan mesinMereka berlayar ke laut lepas dan menangkap ikan jaring dan radar pendeteksi ikan, mereka juga menggunakan bom

3. Tulislah persamaan dan perbedaan dari nelayan modern dan tradisional dalam diagram Venn berikut!

4. Menurutmu apa yang akan terjadi dengan laut jika semua nelayan menggunakan perahu besar dan perlengkapan modern?

Jika semua nelayan menggunakan perahu besar dan perlengkapan modern maka persediaan ikan di laut akan cepat habis dan laut menjadi tercemar

5. Bagaimana seharusnya para nelayan mencari ikan supaya kelestarian ekosistem tetap terjaga?

Sebaiknya para nelayan menangkap ikan tidak secara besar-besaran dan menggunakan aat dan bahan yang ramah lingkungan


Aku cukup sedih melihat sekarang ini banyak yang menangkap ikan dengan pukat harimau dan bahan peledak. Pukat harimau adalah jaring sangat besar yang dapat menjaring semua makhluk hidup laut.


Bom ikan adalah bahan peledak untuk menangkap ikan. Cara ini dapat menyebabkan hancurnya terumbu karang dan habitat ikan.

·         Apakah kamu setuju dengan pengambilan ikan dengan cara di atas? Jelaskan!
Tidak, karena menangkap ikan dengan menggunakan bom ilan dan pukat harimau akan merusak terumbu karang dan habitat ikan
·         Apakah akibat buruk yang akan terjadi jika pengambilan ikan menggunakan cara di atas?
Penangkapan ikan dengan menggunakan cara diatas akan berakibat pada rusaknya terumbu karang dan habitat ikan yang ada didalam laut

Ayo Mengamati!
Tahukah kamu bagaimana ikan bisa kita makan?
Amati gambar di samping!
Hasil tangkapan ikan dijual ke pedagang ikan di pelelangan ikan. Dari tempat pelelangan itulah ikan dikirim ke pasar-pasar untuk dijual ke penjual ikan atau langsung ke konsumen. Penjual ikan dan konsumen wajib menjaga kebersihan pangan dengan cara mencuci ikan hingga bersih.
Dari gambar tersebut, diskusikan dengan temanmu tentang:
1.       jenis kegiatan ekonomi
perdagangan
2.       jenis barang yang diperjualbelikan
ikan
3.       jenis pekerjaan yang terlibat pada kegiatan tersebut
Nelayan, Pedagang ikan, dan Pengangkut barang
4.       hasil dari setiap pekerjaan
Nelayan menghasilkan ikan (Barang)
Pedagang ikan memperoleh untung dari penjualan ikan (jasa)
Tukang angkut barang mendapat upah pengangkutan (jasa)
Penjual ikan memperoleh keuntungan dari hasil penjualannya (jasa)

Kegiatan jual beli ada yang berupa barang dan ada pula yang berupa jasa. Apakah kamu dapat menyebutkan contoh yang kamu temui di sekitarmu kegiatan jual beli yang berkaitan dengan barang dan jasa?
Pekerjaan yang Menghasilkan Barang
Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan sesuatu barang yang bisa digunakan oleh orang lain misalnya pembuat makanan, petani, nelayan, peternak, dan perajin.

Pekerjaan yang Menghasilkan jasa
Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah suatu pekerjaan yang pelayanannya bisa dinikmati oleh orang lain. Pekerjaan ini tidak menghasilkan barang, misalnya guru, petugas kebersihan, dokter, tukang cukur rambut, polisi, dan sopir.

Berdasarkan kegiatan di atas, kamu bisa menuliskan tentang kegiatan ekonomi yang terjadi di sekitarmu. Tulisanmu harus memuat:
1.       jenis kegiatan ekonomi,
2.       lapangan pekerjaan,
3.       hasil dari setiap pekerjaan, dan
4.       penyebaran barang.
Sampaikan tulisanmu kepada gurumu!
Kegiatan Ekonomi di Sekitarku
Di sekitar tempat tinggalku banyak sekali pekerjaan yang dilakukan masyarakatnya antara lain, petani, peternak, pedagang, dan lainnya. Jenis kegitan ekonomi mereka adalah produksi. Salah satu pekerjaan yang ada di dekat rumah ku adalah peternak burung puyuh. Mereka beternak burung puyuh di pekarangan rumah. Ternak burung puyuh tidaklah terlalu sulit, selain itu pembeli biasanya langsung mengambil kepada peternaknya.
Selain sebagai peternak burung puyuh, pengepul burung puyuh. Mereka memperoleh telur puyuh dari para peternak burung puyuh. Telur-telur yang telah dikumpulkan kemudian dijual kembali kepada pedagang-pedagang kecil atau langsung dijual ke pasar. Para pengepul mendapatkan hasil penjualan dari para pedagang. Telur-telur puyuh diangkut menggunakan angkutan untuk didistribusikan kepada pedagang-pedagang kecil yang sudah memesan. Pemilik angkutan menghasilkan jasa dari ongkos yang diterima dari pada pedagang.
Pedagang-pedagang kecil kemudian mendagangkan telur puyuh dalam keadaan mentah atau matang dan dalam bentuk makanan seperti lauk pauk dan makanan ringan.


0 komentar:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel