ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat

Konten [Tampil]


Pernahkah kamu berpetualang ke desa? Tanpa kita sadari, lingkungan alam memberikan manfaat bagi kehidupan kita.

Bacalah teks di bawah ini.

Perjalanan ke Desa

Saat liburan, Dayu, Udin, Siti, Lani, Beni, dan Edo bersepeda menyusuri jalan di sekitar sekolah. Tanpa disadari, mereka sampai di daerah pedesaan. Pohon-pohon menjulang bagai deretan raksasa berjajar. Ada pohon mahoni, pohon asem, dan pohon mangga. Pemandangan yang sangat indah.
Di ujung jalan, mereka berjumpa seorang tua, Pak Jajak namanya. Ia mengumpulkan daun-daun kering ke dalam karung dan akan membawanya pulang.

“Untuk apa daun-daun kering itu, Pak?” tanya Dayu.

“Untuk pembuatan pupuk kompos. Ayo, ikut Bapak ke kebun!” jawab PakJajak.

Pak Jajak mengajak Dayu dan teman-teman berkunjung ke kebunnya. Di sana, Pak Jajak memelihara berbagai hewan ternak, seperti ayam, bebek, kambing, dan sapi. Ia jugamemelihara kerbau untuk membajak sawah.

Pak Jajak bercerita bahwa daun itu bahan campuran untuk membuat pupuk. Caranya, sampah daun kering itu dicampur dengan kotoran hewan ternak, ditumpuk, dan didiamkan. Sekitar 2 bulan, campuran itu akan hancur menjadi pupuk alam yang disebut kompos.
“Pupuk kompos ini disukai petani karena murah, mudah dibuat, dan sangat baik untuk meningkatkan hasil panen,” jelas Pak Jajak.

Apa yang dilakukan oleh Pak Jajak adalah upaya agar lingkungan tetap terjaga sehingga sumber daya alam bisa tetap seimbang.

Dari petualangan itu, Dayu dan teman-teman semakin peduli lingkungan. Tentunya, kamu juga memiliki cerita petualangan seru. Misalnya, pengalaman kerja bakti, menanam pohon di sekitar rumahmu, atau di saat liburan ke rumah sanak saudara. Tulislah cerita petualangan tersebut.

Kebun Pak Jajak subur. Panen padi melimpah. Hewan ternaknya sehat dan gemuk. Hampir setiap hari Pak Jajak mampu menjual telur dan susu sapi. Sebagian hasil susu diolah menjadi yoghurt yang enak dan lebih mahal harganya. Semua keberhasilan itu adalah hasil kerja keras Pak Jajak merawat tumbuhan dan ternaknya.

Ayo, amati gambar berikut. Berilah tanda centang (√) pada gambar yang menunjukkan tanaman dan hewan yang terawat.


Dari gambar di atas, menurutmu bagaimanakah ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat?


·         Ciri-ciri tumbuhan yang terawat pada umunya batang kokoh, daun berwarna hijau dan segar, serta tidak ada gulma dan hama dsekitar tumbuhan. Sedangkan ciri-ciri tumbuhan yang tidak terawat antara lain: batangnya tidak kokoh, daun layu dan kering, daun berwarna kekuningan atau cokelat, terdapat hama dan gulma disekitar tanaman, pertumbuhannya lambat dan tidak subur.
·         Ciri-ciri hewan terawat antara lain: jarang sakit, bergerak lincah, sehat, bulunya bersih, badan tegap. Sedangkan ciri-ciri hewan yang tidak terawat antara lain: sering sakit, malas bergerak, lemas, bulunya kotor, dan banyak kutu.

Bagaimana sikapmu jika menemukan tumbuhan dan hewan yang tidak terawat?


Tumbuhan

Hewan
·         Menyiram tanaman
·         Memberikan pupuk
·       Memindahkan pada media tanam yang baik
·     Memberisihkan gulma serte membuang hama yang ada di sekitar tumbuhan

·       Memberikan makan
·  Memjaga kebersihan dan kesehatan    hewan
· Membuatkan kandang dan menjaga kebersihannya

Sikap perbuatan di atas adalah salah satu cara peduli lingkungan yang harus senantiasa ditumbuhkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku peduli lingkungan tersebut merupakan wujud rasa syukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa sekaligus wujud sikap sebagai manusia yang beradab dan teladan bagi lingkungannya.

Ayo Berdiskusi!
Apa yang menyebabkan tumbuhan dan hewan menjadi terawat dan tidak terawat? Ceritakan pula akibat kondisi tersebut terhadap manusia! Diskusikan jawabanmu dengan teman kelompokmu.
Penyebab tumbuhan dan hewan menjadi terawat dan tidak terawat adalah disebabkan oleh manusia yang tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Mereka sibuk dengan aktifitasnya masing-masing sehingga lupa terhadap kewajibannya pada lingkungan. Akibat dari kelalaian manusia tersebut hewan dan tumbuhan yang ada disekitar lingkungannya tidak terawat sehingga dapat menimbulkan kematian pada hewan dan tumbuhan yang ada.

Ayo Mencoba!

Sebagai warga negara, kita berkewajiban ikut menjaga dan melestarikan lingkungan alam agar terjaga kelestariannya. Caranya dengan membiasakan diri bersikap peduli lingkungan. Kemudian, mengajak teman dan anggota keluarga melakukan hal yang sama. Bersama dengan teman sekelasmu, pergilah ke luar kelas. Amati lingkungan sekolahmu.

1.       Bagaimana kondisi taman di sekolahmu? Apakah tanamannya terawat? Jelaskan!

Kondisi tanaman di sekolahku terawat dengan baik. Tumbuhan tumbuh dengan subur karena setiap hari disiram dan sering diberi pupuk.

2.       Apakah halaman sekolahmu sudah bersih? Jelaskan!

Halaman sekolahku sudah bersih karena kami melaksankan piket setiap hari. Kami juga selalu melakukan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekolah seminggu sekali.

3.  Buatlah rencana dengan teman kelompokmu. Kamu dan temanmu akan menanam satu macam tanaman. Tanaman dapat ditempatkan di kaleng atau ember bekas. Tentukan tanaman yang akan ditanam, bagaimana caranya agar tanamanmu dapat tumbuh dengan baik.

Rencanaku dan teman-teman akan menanam tanaman kumis kucing di halaman sekolah. tanaman kumis kucing merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia. Selain dapat mempercantik halaman sekolah, tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit batu ginjal, kencing manis,, dan sebagainya. Bibit tanaman akan kami bawa dari rumah. Tanaman tersebut nantinya akan kami tanam dalam pot dan akan kami le takkan di depan kelas. Agar nantinya tanaman kumis kucing dapat tumbuh dengan baik kami akan menyiramnya setiap hari dan memberi pupuk.

0 komentar:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel