Bacaan Kreativitas yang Membuahkan Hasil

Gurune.net – Hai sobat gurune, Tahukah kamu bahwa banyak pelaku usaha menghasilkan berbagai produk bernilai jual dar i benda-benda yang tidak terpakai? Ternyata bunga kering tidak sekadar menumpuk menjadi sampah. Ibu Made, seorang pelaku wirausaha, memanfaatkan bunga kering menjadi aneka produk pewangi. Kai ini kita akan membahas 2 bacaan yang pertama adalah Bacaan Kreativitas yang Membuahkan Hasil. Dan Bacaan Masyarakat Ekonomi Asean. Yuk sob, kita simak bersama bacaan pertama.

Baca Juga : Bangkitnya Semangat UKM Indonesia

Kreativitas
yang Membuahkan Hasil

Rangkaian bunga kering buatan Ibu Made Yuliani memenuhi etalase di rumahnya. Indah dipandang dengan aroma semerbak memenuhi ruangan. Ibu Made Yuliani adalah seorang tokoh wirausaha Bali yang memulai usahanya dengan mengumpulkan bunga-bunga kering yang berjatuhan di sekitar tempat tinggalnya di Pulau Dewata. Berawal dari rangkaian bunga kering, usahanya kini berkembang pesat dan menghasilkan aneka produk pewangi. Sabun alami, pelembap tubuh, serta pewangi ruangan diramu dan dibuatnya dari beragam jenis buah dan tanaman.

“Kreativitas sangat penting dalam usaha ini”, ujar Bu Made. “Bunga-bunga kering yang awalnya tampak tidak menarik, dirangkai kembali menjadi karya seni yang memiliki nilai jual,” lanjut Bu Made lagi. Pelanggan produk yang dihasilkan oleh Ibu Made Yuliani tidak hanya berasal dari dalam negeri, namun banyak yang berasal dari mancanegara.

Jawab pertanyaan berikut.

1.  Apa jenis usaha yang dilakukan Ibu Made Yuliani?

Usaha produksi rangaian bunga kering yang berkembang menjadi aneka produk pewangi

2.  Apa bahan yang digunakan Bu Made untuk menjalankan usahanya?

Bunga-bunga kering yang berjatuhan di sekitar tempat tinggalnya

3.  Apa manfaat usaha tersebut bagi masyarakat dan lingkungan?

Memberikan nilai jual pada benda –benda di sekitar sehingga masyarakat dapat memperoleh uang, selain itu beliau juga melestarikan lingkungan

4.  Apa yang dapat kamu pelajari dari cara Bu Made berwirausaha?

Dengan kreativitas seseorang dapat mengembangkan apa yang ada di sekitarnya menjadi lebih berharga dan memiliki nilai.

 Masyarakat Ekonomi Asean

Diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) tentunya akan memengaruhi arus barang dan jasa, termasuk produk-produk yang dihasilkan oleh Ibu Made Yuliani. Seperti yang terdapat pada bacaan kreativitas yang membuahkan hasil. Lalu, Apakah MEA itu? Bagaimana MEA memengaruhi kehidupan kita? Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya? Ayo, kita pelajari lebih lanjut!

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris SMA Kelas VIII Kurikulum Merdeka Halaman 217

Apakah MEA itu?

MEA singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. Para pemimpin Asean sepakat
memberlakukan pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 agar daya saing Asean meningkat dan untuk menarik investasi asing. Penanaman modal asing di wilayah ASEAN sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan. Pembentukan MEA nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.

Jawaban Bacaan Kreativitas yang Membuahkan Hasil

Bagaimana MEA mempengaruhi kita?

MEA tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, dan lainnya. Dengan diterapkannya MEA, peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta profesi di Indonesia akan semakin terbuka. Begitu pula sebaliknya, tenaga kerja Indonesia juga mempunyai peluang yang lebih besar untuk bekerja di negara-negara anggota ASEAN lainnya. Hal ini menandakan bahwa kualitas produk dan sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan agar mampu ikut berpartisipasi bersama tenaga kerja asing.

Apa keuntungan MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?

Riset terbaru dari Organisasi Perburuhan Dunia atau ILO menyebutkan pembukaan pasar tenaga kerja mendatangkan manfaat yang besar. Selain dapat menciptakan jutaan lapangan kerja baru, Hal ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara. ILO memperkirakan bahwa permintaan tenaga kerja profesional akan naik 41% atau sekitar 14 juta di tahun 2015. Sementara, permintaan akan tenaga kerja kelas menengah akan naik 22% atau 38 juta, sementara tenaga kerja level rendah meningkat 24% atau 12 juta.

Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang kamu ketahui tentang MEA?

MEA singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. MEA adalah pasar tunggal yang dibentuk di kawasan Asia Tenggara agar daya saing Asean meningkat dan unuk menarik investasi asing

2. Apa yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha dalam menghadapi MEA? Jelaskan.

MEA memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah
ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin
ketat. Selain itu peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan
serta profesi di Indonesia akan semakin terbuka dan juga sebaliknya.

3. Apa yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu ikut berpartisipasi di MEA?

Kualitas produk dan sumber daya manusia Indonesia harus terus
ditingkatkan agar mampu ikut berpartisipasi bersama tenaga kerja asing di dalam
MEA

4.Sebagai pelajar, apa yang harus kamu lakukan mulai saat ini agar nanti ketika sudah menyelesaikan pendidikan mampu ikut berpartisipasi di MEA?

Sebagai pelajar kita harus mempersiapkan diri dengan meningkatkan pengetahuan yang lebih luas dengan cara belajar giat dan rajin  memepelajari hal-hal yang
baru  sehinga menjadi sumber daya manusia yang unggul dan siap bersaing dalam persaingan bebas MEA

5.Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?

Akan mengundang invesrtor asing agar berinvestasi di ASEAN sehingga dapat
menciptakan lapangan kerja yang luas sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan
600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan kita tentang bacaan Kreativitas yang membuahkan hasil dan Masyarakat Ekonomi Asean . Memang kreativitas sangat diperlukan dalam kehidupan agar sumber daya Manusia yang kita punya berkualitas dan siap bersaing dalam persaingan gobal. Cara meningkatkannya adalah dengan belajar. Jadi sobat gurune, jangan lupa belajar agar kita bisa menjadi manusia yang bekualitas. Semoga bermanfaat.

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.