Ingat, Listrik dan Air akan Bahaya!

Di dalam tubuh manusia terdapat energi yang membantu kita dalam beraktivitas. Pagi ini kamu akan berolahraga di luar kelas. Sebelumnya, diskusikan terlebih dahulu permainan yang akan kamu lakukan. Bacalah langkah-langkah permainan berikut dan diskusikan dengan temanmu.

Bola Zig-Zag

Perlengkapan : 2 Bola besar

Aturan bermain:

1. Kelas dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A dan B.

2. Setiap kelompok berbaris menghadap ke depan dan berhitung 1, 2, 3, 4, dst.

3. Kelompok A dan B saling berhadapan.

4. Perhatikan siapa anggota kelompok di depanmu yang memiliki angka 1,2,3 dst. Mereka adalah tim kamu.

5.  Anggota nomor 1 melempar bola ke anggota di hadapannya yang memiliki nomor 2. Nomor 2 harus menangkapnya dan melemparkannya ke anggota no 3.

6. Kelompok yang menyelesaikan lempar tangkap tanpa menjatuhkan bola adalah pemenangnya.

Sebelum bermain, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Perhatikan arahan dan contoh yang disampaikan gurumu.

Permainan bola zig-zag ini dapat divariasikan dengan menggunakan dua bola. Satu bola dimulai dari ujung sebelah kiri dan bola yang lain dari ujung sebelah kanan sehingga permainan lebih menarik.

Kamu sudah melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru temanmu. Bacalah lagi cara bermainnya dan diskusikanlah.

Ayo Mengamati!

Di sekitar rumah, banyak sumber energi listrik yang dimanfaatkan oleh kita. Namun kita harus hati-hati dengan sumber listrik tersebut karena berbahaya.

Amati gambar berikut dan sampaikan pendapatmu!

 

 

Pendapatku tentang hal yang membahayakan pada gambar

Sebaiknya jangan bermain layang-layang di dekat jaringan listrik karena sangat berbahaya. Bermain berdekatan dengan aliran-aliran listrik yang menyebabkan layaang-layangnya tersangkur di kabel listrik yang mengakibatkan anak-anak tersebut tersetrum. Kita juga tidak boleh memanjat tiang listrik karena dapat menyebabkan kecelakaan apabila menyentuh kabel listrik karena listrik akan mengalir melalui gunting menuju tubuh kita. Selain itu kita juga tidak boleh membawa alat elektronik dekat dengan air, karena apabila alat elektronik yang sedang menyala dan terkena air maka listrik dari alat elektronik tersebut akan melalui air dan sampai ke tubuh kita.

Apa yang harus kamu lakukan untuk menjaga keselamatan dari bahaya tersengat listrik?

Baca Juga :  Keragaman Pakaian Adat di Indonesia

Ingat, Listrik + Air = Bahaya!

Perhatikan gambar berikut. Tulislah barang-barang yang menggunakan listrik di setiap ruangan dan kemungkinan bahaya yang ditimbulkannya. Tulis juga apa yang harus kamu lakukan saat menggunakan barang tersebut!

 

 

Biasanya pada kamar mandi dibutuhkan listrik, selain untuk lampu penerang, juga untuk kebutuhan mengoperasikan hair dryer, peralatan pengering tangan. Pada kamar mandi tempatkan saklar di luar kamar mandi agar aman dari percikan air. Hati-hati saat menyalakan atau mematikan peralatan listrik.

Peralatan listrik yang ada di kebun antara alat penyiram tanaman yang menggunakan pompa air. Saat menyalakan pompa air berhati-hatilah.

Peralatan listrik yang ada di kamar tidur diantaranya adalah lampu penerangan dan televisi. Cara menyalakan televisi harus dilakukan dengan benar, dan setelah selesai menonton televisi harus dimatikan.

Peralatan listrik yang ada di ruang keluarga antara lain lampu penerangan, televisi, kipas angin dan lain-lain. Gunakan alat-alat tersebut dengan hati-hati, misalnya jika ingin menyalakan lampu gunakanlah alas kaki.

Alat listrik yang ada di dapur sangat banyak diantaranya adalah rice cooker, blender, dan mgic jar. Gunakanlah alat tersebut dengan bantuan orang tua kita agar aman.

Ayo Membaca!

Tahukah kamu bahwa tubuh mengandung banyak air?

Karena itu, tubuhmu sangat mudah terkena aliran listrik. Mereka yang bekerja di tempat yang mengandung banyak sumber listrik membutuhkan pakaian khusus. Kamu harus berhati-hati terhadap kabel listrik yang ada di sekitarmu. Saat kamu bermain layangan, bermainlah di tempat yang tidak ada gardu listriknya. Benang layangan yang basah sangat berbahaya apabila tersangkut di gardu listrik. Suatu saat mungkin kamu membutuhkan peralatan yang menggunakan listrik. Sebaiknya kamu meminta bantuan
orang dewasa di sekitarmu. Jauhilah barang-barang elektronik dari air.

Baca Juga :  Jawaban dari Bacaan Taman Bermain yang Hilang

Tahukah kamu, petir juga mengandung listrik?

Segeralah masuk ke dalam ruangan apabila petir mulai terdengar. Berdasarkan hasil diskusi dan bahan bacaan di atas, buatlah petunjuk caramenghindari bahaya listrik.

 

 

Yanuari Dwi Puspitarini

Saya merupakan blogger dalam bidang pendidikan, selain itu saya juga bekerja dalam dunia pendidikan.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.