Hari Air Sedunia

Konten [Tampil]

Salah satu sumber daya alam yang juga menjadi sumber energi yang banyak tersedia di sekitar kita adalah air. Air menjadi sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia.


Ketersediaan air bersih menjadi sangat penting untuk menunjang berbagai kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya hari air sedunia ini, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah. Kebutuhan air per hari per orang dapat digambarkan dalam piramida hirarki kebutuhan air berikut.


Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai, dan
terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.

Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering di musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan seharihari.
Hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan dan tidak bisa panen.

Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih. Tindakan-tindakan yang dimaksud sebagai berikut.


  • Menghemat penggunaan air.
  • Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
  • Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.


Ayo Berlatih

Apakah yang dimaksud air bersih? Mengapa air bersih penting bagi kehidupan?

Apa saja yang mengganggu ketersediaan air bersih? Berdasarkan bacaan di depan, buatlah kesimpulan tentang hal tersebut.

Tulis kesimpulan pada kolom berikut.


Jawaban:

Kebutuhan air bersih per orang per hari

Kebutuhan air bersih per orang per hari diantaranya kebutuhan untuk air minum (10 liter), memasak (20 liter), kebersihan diri (30 liter), mencuci (40 liter), membersihkan rumah (50 liter), menumbuhkan bahan makanan (untuk rumah tangga 60 liter), dan kebutuhan sanitasi (70 liter). Jadi apabila di total, kebutuhan air bersih per orang per hari kira-kira sebanyak 280 liter.

Hal-hal yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang

Air hujan yang tidak masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebang. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.

Akibat kekurangan air bersih

Kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari dan hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan dan tidak bisa panen.

Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih

          Menghemat penggunaan air; membuat lubang serapan (untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah); menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.


Memanfaatkan air merupakan hak setiap warga masyarakat, namun melestarikan ketersediaan air bersih juga menjadi kewajiban setiap warga masyarakat.

Sekarang identifikasilah hak dan kewajiban setiap warga masyarakat terhadap air bersih yang merupakan salah satu sumber daya alam.


Jawaban:

Kewajiban terhadap Ketersediaan Air

Hak terhadap Ketersediaan Air Bersih

Mematikan air saat tidak dipakai.

Terpenuhinya kebutuhan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Menjaga kebersihan dan kemurnian sumber air.

Mendapatkan cukup air untuk kebutuhan.

Tidak merusak/ mencemari sumber air bersih.

Mendapatkan fungsi utama air.

Menjaga agar semua masyarakat dapat menggunakan air untuk kebutuhan masing-masing.

Mendapat air bersih tanpa adanya hambatan dari pihak lain.

Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Hari Air Sedunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel