Adaptasi Masyarakat Terhadap Ketampakan Alam Sekitar

Konten [Tampil]

Bacaan Buku Siswa Kelas V halaman 30 ( Adaptasi Masyarakat Terhadap Ketampakan Alam Sekitar )

Permukaan bumi tidak rata. Permukaan bumi ada yang tinggi dan ada yang rendah. Ketampakan alam adalah berbagai bentuk muka bumi yang terjadi secara alamiah. Ketampakan alam terdiri atas dua bagian pokok, yaitu  ketampakan alam berupa perairan dan ketampakan alam yang berupa daratan. 

Daratan adalah tempat kita berpijak. Bentuk ketampakan alam berupa daratan bermacam-macam, contohnya gunung, pegunungan, dataran  tinggi, dataran rendah, pantai, tanjung, dan delta. Perairan merupakan  bagian dari permukaan bumi yang tergenang air. Bentuk ketampakan alam perairan contohnya sungai, danau, dan laut. 

Manusia melakukan adaptasi berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Manusia hidup beradaptasi sesuai dengan alam dan ketampakan  alam di lingkungan tempat tinggal. Adaptasi yang dilakukan meliputi jenis mata pencaharian utama, makanan, bentuk  tempat tinggal, pakaian yang dikenakan, peralatan rumah tangga, dan teknologi. Semua kegiatan itu menyesuaikan tempat mereka tinggal. Kita dapat melihat hasil adaptasi  masyarakat suatu daerah. Makanan dan barang-barang atau bendabenda khas dari daerah pegunungan berbeda dengan daerah pantai dan dataran rendah.

Menanggapi Bacaan

Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa benda-benda atau barangbarang di setiap daerah berbeda. Tidak hanya itu,  air di laut  juga  akan  berbeda dengan air di pegunungan. Dapatkah kamu membedakan air laut dengan air pegunungan? Tuliskan pada kolom berikut.

Dari bacaan di atas dapat disimpulkan bahwa benda-benda atau barangbarang di setiap daerah berbeda. Tidak hanya itu,  air di laut  juga  akan  berbeda dengan air di pegunungan. Dapatkah kamu membedakan air laut dengan air pegunungan? Tuliskan pada kolom berikut.

Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Adaptasi Masyarakat Terhadap Ketampakan Alam Sekitar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel