Peristiwa Mengembun dan Menyublim

Konten [Tampil]

Selain peristiwa mencair, membeku, dan menguap, masih terdapat dua peristiwa perubahan wujud benda.  Perubahan wujud benda yang dimaksud adalah mengembun dan menyublim. 

Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud gas menjadi cair.  

Peristiwa ini merupakan kebalikan dari peristiwa menguap.  Pada waktu gas mengembun, gas melepaskan kalor karena terjadi penurunan suhu di sekitarnya. Peristiwa sehari-hari yang mudah kamu jumpai antara lain peristiwa pengembunan yang terjadi di pagi hari.  

Meskipun pada malam sebelumnya tidak terjadi hujan, tetapi pada pagi hari, terdapat tetesan air pada tanaman yang berada di luar.  Kamu juga dapat menjumpai beberapa tempat terasa lembap oleh air. Peristiwa mengembun ini terjadi karena uap air dalam udara menyentuh permukaan seperti permukaan daun atau permukaan yang lainnya. 

Menyublim merupakan peristiwa berubahnya wujud zat padat menjadi gas. 


peristiwa perubahan wujud benda


Mengkristal adalah perubahan wujud gas menjadi padat. Peristiwa “lenyapnya” kapur barus yang diletakkan di dalam lemari sering dijadikan contoh peristiwa menyublim. Contoh peristiwa ini terjadi pada saat uap iodium yang  mengkristal menjadi padatan pada saat didinginkan pada suhu tertentu.

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sekelompokmu, diskusikanlah soal-soal berikut. 


1. Jelaskan bagan perubahan wujud benda di atas dengan lengkap berdasarkan pengamatanmu sebelumnya dan bacaan yang kamu miliki.


Mencair adalah peristiwa perubahan wujud dari zat  padat menjadi zat cair 
Membeku adalah peristiwa perubahan wujud dari zat cair menjadi zat padat.  
Mengkristal adalah peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi zat padat 
Menguap adalah peristiwa perubahan wujud dari zat cair menjadi gas. 
Menyublim adalah peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi gas. 
Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi zat cair.


2. Jelaskan perbedaan antara peristiwa mengembun dan menyublim!

Pada peristiwa menyublim zat membutuhkan kalor sedangkan pada peristiwa mengembun zat melepaskan kalor. Mengembun terjadi pada benda gas sedangkan menyublim terjadi pada benda padat.


3. Jelaskan perbedaan antara peristiwa mengembun dan disposisi!

Mengembun adalah perubahan wujud benda dari gas menjadi zat cair, sedangkan Deposisi/Mengkristal merupakan perubahan wujud suatu benda dari gas menjadi zat padat.


4. Jelaskan perbedaan antara peristiwa menyublim dan mengkristal!

Menyublim merupakan perubahan wujud benda dari zat padat menjadi gas, sedangkan Mengkristal/deposisi merupakan perubahan wujud benda dari gas menjadi zat padat 


5. Apa saja yang menyebabkan terjadinya peristiwa mengembun, menyublim dan mengkristal?

Mengembun disebabkan penurunan suhu/pelepasan panas yang berakibat gas akan berubah menjadi cair.Contohnya bisa kita lihat di kaca jendela saat pagi hari.
Menyublim disebabkan peningkatan suhu pada benda padat,  sehingga zat padat tadi akan berubah menjadi gas.. Contohnya pada kapur barus yang di letakan pada lemari, jika dibiarkan lama  akan habis.

Mengkristal disebabkan oleh penurunan suhu atau pelepasan panas yang dialami benda tersebut.. Contohnya uap air berubah jadi salju.

6. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa mengembun?  Jelaskan!

Mengembun, mengembun adalah proses perubahan wujud zat dari gas menjadi cair. Beberapa contoh peristiwa mengembun antara lain titik-titik embun di pagi hari, dan butiran air di bagian luar gelas yang berisi es.

7. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa menyublim?  Jelaskan!

Menyublim, menyublim adalah peristiwa perubahan zat padat menjadi gas atau sebaliknya (gas menjadi padat). Contoh peristiwa menyublim antara lain kamper yang dibiarkan di udara. Kamper berubah dari padat menjadi gas yang dapat kita rasakan dengan adanya bau kamper. Proses pembuatan es kering juga merupakan contoh peristiwa menyublim.






Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Peristiwa Mengembun dan Menyublim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel