Perubahan Akibat Perubahan Suhu – Teks bacaan Dan Pembahasan

gurune.netPerubahan Akibat Perubahan Suhu – Tek bacaan Dan Pembahasan. Pada Buku Siswa Kelas V SD/MI Tema 6 Sub Tema 1 Terdapat teks bacaan dengan Judul Perubahan Akibat Perubahan Suhu. Pada Kegiatan Ayo menulis halaman 53 terdapat tugas siswa tentang mengetahui isi sebuah paragraf dari bacaan Perubahan Akibat Perubahan Suhu. Mari kita lihat teks bacaan Perubahan Akibat Perubahan Suhu.

Perubahan Akibat Perubahan Suhu

Perubahan Akibat Perubahan Suhu

Suhu menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Energi panas dapat mengubah benda. Beberapa benda akan mengalami pemuaian. Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang dapat menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena kalor atau panas. Tetapi sebaliknya, benda dapat mengalami penyusutan. Penyusutan adalah perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin. Pemuaian dan penyusutan bisa terjadi pada logam, udara, dan air.

Berikut ini adalah beberapa contoh pemuaian dan penyusutan benda karena perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari.

1.  Pemasangan Kaca Jendela 

Pernahkah kamu mengamati posisi kaca yang terpasang pada jendela? Atau mungkin kamu pernah melihat proses pemasangan kaca jendela yang dilakukan oleh tukang kayu. Para tukang kayu selalu merancang ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya. Mengapa harus demikian? Hal ini dilakukan oleh tukang kayu dengan tujuan untuk memberikan ruang pemuaian bagi kaca saat terkena panas. Jika bingkai jendela tidak diberi ruang pemuaian, maka ketika terkena panas akan mengakibatkan kaca menjadi retak atau bahkan pecah. Selain itu, untuk menghindari keretakan kaca saat ada bunyi yang menggelegar seperti ketika ada petir, atau bunyi keras lainnya.

Baca Juga :  Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

2.  Ban Sepeda/Motor dan Mobil 

Tahukah kamu apa yang terjadi ketika kamu memompa udara terlalu banyak ke dalam ban sepedamu? Jika ban sepeda, ban sepeda motor, dan ban mobil, diisi udara terlalu banyak, maka ban akan mengeras dan menjadi tidak nyaman dikendarai. Selain itu, mengisi udara terlalu penuh ke dalam ban sepeda atau mobil akan membahayakan pengemudinya. Ban yang diisi terlalu banyak udara dapat meletus dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Hal ini disebabkan karena udara di dalam ban dapat memuai karena panas.

3.  Kawat/kabel Listrik dan Telepon 

Apakah kamu memperhatikan bahwa kawat atau kabel telepon dan listrik terlihat mengendur dan tidak tegang? Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kawat atau kabel tidak putus pada malam hari ketika mengalami penyusutan. Selain itu, agar kawat atau kabel tidak putus jika tertimpa pohon yang tumbang. 

4.  Pemuaian yang Terjadi pada Gelas Kaca 

Pernahkah kamu melihat sebuah gelas kaca yang tiba-tiba pecah atau retak ketika dituangi air panas? Hal ini terjadi karena adanya pemuaian yang tidak merata pada bagian gelas. Oleh karena itu, disarankan agar tidak menuangi gelas basah atau gelas dingin dengan air panas yang baru mendidih.

5.  Pemuaian pada Sambungan Rel Kereta Api 

Sambungan pada rel kereta api, dibuat ada celah antara dua batang rel. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang muai sehingga saat terkena panas, rel tersebut tidak melengkung. Rel yang melengkung akan membahayakan gerbong kereta yang melewatinya.

6.  Penggunaan Termometer 

Tahukah kamu cara menggunakan termometer klinis atau termometer badan? Termometer akan ditempelkan ke beberapa bagian tubuh seperti dalam mulut atau ketiak.  Tujuannya adalah untuk mengukur suhu panas tubuh.  Setelah beberapa lama, cairan di dalam termometer akan naik karena terjadi pemuaian setelah mendapatkan panas dari tubuh. Cairan akan berhenti pada angka tertentu untuk menunjukkan suhu tubuh. Ketika termometer tidak digunakan, akan kembali turun karena mengalami penyusutan. 

Baca Juga :  Contoh Poster Anak Kelas V SD, Gambar Kuman Yang Unik Karya Anak

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Jelaskanlah apa yang kamu ketahui dari setiap paragraf dalam bacaan di atas.

Apa yang kamu ketahui tentang isi sebuah paragraf merupakan gagasan utama pada paragraf tersebut. Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu.

Judul Bacaan:

Judul bacaan diatas adalah ” Perubahan Akibat Perubahan Suhu “.

Apakah yang kamu ketahui tentang paragraf-paragraf pada bacaan?

Jawaban isi paragraf pada bacaan perubahan akibat perubahan suhu



Kesimpulan Bacaan ” Perubahan Akibat Perubahan Suhu ” adalah :

Energi panas dapat mengubah suatu benda. Benda dapat mengalami pemuaian dan penyusutan karena perubahan suhu. Pemuaian dan penyusutan bisa terjadi pada logam, udara dan air. Beberapa contoh benda yang mengalami pemuaian dan penyusutan antara lain Kaca Jendela, Ban Sepeda/Motor/Mobil, kawat / kabel listrik dan telepon, gelas kaca, sambungan rel kereta api dan cairan didalam termometer. 

Penutup

Demikian pembahasan Perubahan Akibat Perubahan Suhu – Tek bacaan Dan Pembahasan. Pada Buku Siswa Kelas V SD/MI Tema 6 Sub Tema 1. Baca juga materi yang lain Perbedaan Suhu dan Panas.

Yanuari Dwi Puspitarini

Saya merupakan blogger dalam bidang pendidikan, selain itu saya juga bekerja dalam dunia pendidikan.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.