Manusia Dan Lingkungan Alam

Konten [Tampil]
gurune.net - Manusia Dan Lingkungan Alam. Merupakan bacaan dari materi yang ada pada buku siswa K-13 Revisi kelas V SD/MI Tema 6 Sub Tema 1 Pembelajaran Ke 3. Pada pembahasan kali ini gurune akan menampilkan bacaan yang ada pada buku siswa tersebut yang berjudul " Manusia dengan Lingkungan Alam ", dan kunci jawaban dari bacaan manusia dengan lingkungan alam.

Ayo Membaca!

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia harus berhubungan dengan lingkungannya. Dalam hubungan dengan lingkungannya, ada peristiwa saling memengaruhi satu dengan yang lain. Matahari adalah sumber kehidupan yang memungkinkan lingkungan manusia berjalan sebagaimana mestinya.  Lingkungan manusia terdiri atas lingkungan alam dan juga lingkungan masyarakat. Lingkungan masyarakat tempat kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya. Bagaimana manusia berhubungan dengan lingkungan alamnya? Simaklah bacaan berikut ini!

Manusia dengan Lingkungan Alam

Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya.  Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup.  Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. 

Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan. Salah satu bentuk hubungan antara benda mati dan makhluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat dapat memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang di daerah tersebut. 

Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya daerah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk. Daerah yang masih banyak tumbuhannya cenderung memiliki air tanah yang baik dan berlimpah. Hal ini terjadi karena, tanaman membantu tanah untuk menahan air dan menyimpannya di dalam tanah dengan baik. Bagaimana dengan manusia?

MANUSIA DAN LINGKUNGAN ALAM

Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.

Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. Contohnya, untuk menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya hasil pertanian, manusia mencoba membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan ini, tentu dengan menggunakan pengetahuan dan teknologi.  


Sumber : Buku Siswa K-13 Kelas V, Tema 6 Hal 24 - 25

Kunci Jawaban Dari Pertanyaan Pada Bacaan " Manusia dengan Lingkungan Alam " Buku Siswa Kelas V Tema 6.

Pertanyaan dan Jawaban 1-5 ( hal 25-26 )


1. Apa judul bacaan di atas?
Judul bacaan diatas adalah " Manusia dengan Lingkungan Alam"

2. Tuliskanlah kata-kata kunci yang ada dalam setiap 
paragraf di atas. 


Paragraf 1 ( Mahluk Hidup ), Paragraf 2 ( Benda Mati, mahluk hidup ), Paragraf 3 ( air tanah ), Paragraf 4 ( menyesuaikan diri, alam ), Paragraf 5 ( Kebutuhan Hidup )

3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Kemudian, mintalah temanmu untuk menjawabnya! 


  • Mengapa setiap mahluk hidup melakukan hubungan dengan mahluk hidup yang lain dan lingkunganya ?
  • Sebutkan contoh hubungan antara benda mati dengan mahluk hidup ?
  • Apa yang dimaksud dengan air tanah ?
  • Sebutakan salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam ?
  • Sebutkan contoh manusia dalam memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?



4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!


  • Mengapa banyak daerah disaat musim kemarau banyak sumur - sumur yang kering ?
  • Bagaimana cara nelayan memilih waktu yang tepat untuk berlayar ?



5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas?  Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada teman sebangkumu!


Kesimpulan bacaan " Manusia dengan Lingkungan Alam " yaitu Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya.Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. 


Jawaban Dari Pertanyaan Kedua Buku Siswa halaman ( 27 )

1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan alam?


Lingkungan alam adalah lingkungan yang terbentuk dari sebuah proses yang alami. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan mahluk hidup. Lingkungan alam adalah sumber penghidupan bagi mahluk hidup.


2. Apa sajakah interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam?


Interaksi yang terjadi dalam lingkungan alam yaitu interaksi antara lingkungan biotik dengan biotik seperti manusia dengan manusia yang lain, manusia dengan hewan dan tumbuhan. Serta terjadi interaksi antara biotik dengan abiotik contohnya manusia dengan udara, tumbuhan dengan cahaya matahari dan interaksi berikutnya antara abiotik dengan abiotik contohnya batu yang mengalami pelapukan karena adanya pengaruh dari temperatur atau suhu.


3. Jelaskanlah salah satu contoh bentuk interaksi dalam lingkungan yang terdiri atas lingkungan makhluk hidup dan benda mati!


Sudah disebutkan diatas bahwa contoh interaksi antara Lingkunganmahluk hidup ( biotik ) dengan bendamati yaitu bagaimana suatu tumbuhan hijau ( dari lingkungan biotik )  dalam melakukan fotosintetis memerlukan cahaya matahari dan air yang diperoleh dari lingkungan abiotik.


4. Jelaskanlah interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya!


Interaksi antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya.


5. Berikanlah contoh bentuk interaksi antara manusia dengan lingkungan alam yang kamu ketahui!


  • Para petani harus menyesuaikan waktu tanam dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik.
  • Para nelayan memilih waktu untuk berlayar menyesuaikan dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.


Ayo Menulis ! Kunci Jawaban Ayo Menulis dari bacaan " Manusia dan Lingkungan Alam " ( hal 27 )

1. Jelaskanlah pokok pikiran di setiap paragraf dengan menggunakan tabel berikut!  Lengkapi juga dengan informasi penting pada setiap paragrafnya!

Jawaban :

Sebelum menjawab dalam tabel alangkah baiknya kita cari tahu dulu apa artinya " Pokok Pikiran " dan Cara mengetahui " Informasi Penting "

Pokok pikiran adalah ide utama dari sebuah paragraf dalam suatu bacaan, pokok pikiran sering juga ditulis pikiran pokok, pikiran utama, gagasan utama atau gagasan pokok, jadi kata - kata tersebut masih dalam satu arti.

Sedangngkan cara mengetahui "Informasi penting" dari suatu paragraf dalam sebuah bacaan yaitu dengan cara. Membaca sekilas dan mencari kata kunci yang benar dari bacaan tersebut. Misal disuruh menentukan informasi penting di sebuah paragraf maka fokuslah membaca di paragraf tersebut dan amati maksudnya dan ambil kata kuncinya maka informasi itulah yang disebut "Informasi Penting " dari sebuah paragraf.

Ok, lanjut masuk ke jawaban pertanyaan dalam sebuah tabel.


Paragraf
Pokok Pikiran
Informasi Penting
Paragraf 1
Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya.  Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup.
Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup
Paragraf 2
Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya
Interaksi antara benda mati dan mahluk hidup saling berkaitan.
Paragraf 3
Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati
Contoh pengaruh mahluk hidup terhadap benda mati yaitu daerah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk.
Paragraf 4
Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua.
Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya
Paragraf 5
Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi.
untuk menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya hasil pertanian, manusia mencoba membuat hujan buatan

2. Buatlah sebuah tulisan dalam satu paragraf yang menjelaskan tentang bacaan di atas. Gunakanlah pokok pikiran dan informasi penting di atas dalam tulisanmu. Usahakanlah untuk menggunakan bahasamu sendiri.


Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya.  Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup.Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya sehingga terjadi interaksi antara benda mati dan mahluk hidup.Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati,Contoh pengaruh mahluk hidup terhadap benda mati yaitu daerah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk.Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua.Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya, Manusia juga harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menggunakan iImu pengetahuan dan teknologi. untuk menanggulangi akibat kemarau panjang yang menyebabkan menurunnya hasil pertanian, manusia mencoba membuat hujan buatan.

itulah sob pembahasan Manusia Dan Lingkungan Alam. Merupakan bacaan dari materi yang ada pada buku siswa K-13 Revisi kelas V SD/MI Tema 6 Sub Tema 1 Pembelajaran Ke 3. Serta Kunci jawaban dari sebuah bacaan yang ada pada buku siswa kelas V " Manusia dan Lingkungan Alam" Semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Manusia Dan Lingkungan Alam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel