Kegiatan Pelelangan Ikan - Materi dan Contoh Jawaban

Konten [Tampil]
gurune.net - Kegiatan Pelelangan Ikan - Materi dan Contoh Jawaban. Pada materi yang ada pada buku siswa kelas V, Semseter 2 terutama pada tema 6 terdapat materi bacaan tentang Kegiatan Pelelangan Ikan. Banyak hal baru yang dapat menambah engetahuan siswa, tentang aktfitas didalam pelelangan ikan di ( TPI ), proses pelelangan ikan dan lain terkait pelelangan ikan. Pada bahasan kali ini gurune akan membahas bacaan Kegiatan Pelelangan Ikan beserta contoh jawaban dari pertanyaan yang ada di dalam materi tersebut.

kegiatan pelelangan ikan
kegiatan pelelangan ikan


Ayo Membaca 
Kegiatan pelelangan ikan merupakan salah satu contoh kegiatan yang  di dalam masyarakat melibatkan interaksi atau hubungan antara individu, kelompok dan kehidupan sosialnya. Apa saja yang terjadi dalam sebuah kegiatan pelelangan ikan? Simaklah bacaan berikut ini!


Kegiatan Pelelangan Ikan

Kegiatan pelelangan ikan merupakan sebuah kegiatan pertemuan antara para nelayan penangkap ikan sebagai penjual ikan dengan para pembeli, yang biasanya adalah para pedagang ikan. Dalam pelelangan ikan, para pembeli akan melakukan penawaran secara langsung yang dibantu oleh juru lelang. Para juru lelang ini akan menawarkan harga, dari harga paling rendah yang ditentukan penjual. Lalu para pembeli akan melakukan penawaran.  Pembeli dengan harga penawaran tertinggi akan mendapatkan barangnya. 

Para penjual adalah para nelayan yang biasanya menangkap ikan di laut secara berkelompok.  Hasil tangkapan ikan segar mereka, akan dibawa ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) untuk ditimbang, lalu diletakkan berjajar dengan hasil tangkapan nelayan yang lain. Setelah semua hasil tangkapan ikan diletakkan dan semua pembeli siap melakukan pelelangan, juru lelang akan memulai proses jual beli. Kegiatan pelelangan ini biasanya hanya berlangsung beberapa jam saja, karena ikan segar harus segera dipasarkan. Para nelayan penangkap ikan, berharap hasil tangkapannya akan mendapatkan harga yang layak untuk memenuhi hidup keluarganya. Hasil penjualan ikan ini pun, harus dibagi dengan nelayan dalam kelompoknya. 

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) biasanya dibangun di daerah pelabuhan ikan, dimana para nelayan biasa berlabuh untuk membawa hasil tangkapannya. TPI biasanya dibangun oleh pemerintah setempat dengan tujuan untuk melindungi para nelayan agar hasil tangkapannya mendapatkan harga yang baik untuk memenuhi kehidupan keluarganya. 

Pembeli ikan di tempat pelelangan, biasanya adalah pedagang besar yang akan menjual kembali hasil lelang ikan ke pasar-pasar. Para pembeli ikan ini tidak hanya berasal dari daerah setempat, bisa juga berasal dari tempat yang lain.  Para pedagang ikan ini, akan menjual hasil laut terutama ke daerah-daerah yang jauh dari pantai, seperti di kota atau di daerah pegunungan. Oleh karenanya, para pedagang ini memerlukan alat transportasi untuk membawa barang dagangannya ke daerah-daerah lain yang membutuhkan. 


Perhatikan kembali gambar dan bacaan tentang kehidupan nelayan dan kegiatan pelelangan ikan di atas. 

Amatilah, siapa saja yang terlibat dalam kegiatan pelelangan ikan tersebut? Apakah mereka mempunyai peran yang sama dalam kegiatan tersebut? Bagaimana interaksi yang terjadi di antara mereka? Bersama dengan teman sebangkumu, cobalah untuk menentukan peran setiap orang yang terlibat di dalam kegiatan pelelangan ikan tersebut. 

Tuliskanlah hasil identifikasi di dalam tabel di bawah ini.


Contoh Jawaban dari tabel hasil pengamatan gambar dan bacaan ( Kegiatan Pelelangan Ikan )


Contoh Jawaban dari tabel hasil pengamatan gambar dan bacaan ( Kegiatan Pelelangan Ikan )


Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Kegiatan Pelelangan Ikan - Materi dan Contoh Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel