Jawaban Dari Hak dan Kewajiban Sebagai Siswa di Sekolah Serta Hak dan Kewajiban Anak di Rumah

Konten [Tampil]
gurune.net - Jawaban Dari Hak dan Kewajiban Sebagai Siswa di Sekolah Serta Hak dan Kewajiban Anak  di Rumah. Pada Buku Siswa " K-13 " Revisi 2017  Kelas V SD/MI, Tema 6 Sub Tema 1 Pembelajaran ke 4 ada sebuah bacaan tentang Kewajiban Warga Negara dan Siswa. Kemudian dalam Ayo berdiskusi halaman 45 Terdapat tabel isisan tentang Hak Sebagai siswa di sekolah dan hak sebagai anak di rumah serta kewajiban siswa disekolah dan kewajiban sebagai anak di rumah. Gurune akan membahas materi tersebut sesuai aturan yang ada pada buku guru dan buku siswa. 



Bacalah artikel berikut ini untuk membantumu memahami makna kewajiban secara umum.

Kewajiban Warga Negara dan Siswa

Apakah yang kamu rasakan jika sekolahmu dipenuhi dengan sarana belajar yang kotor, penuh coretan, dan rusak? Demikian juga dengan dinding sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang sobek-sobek, kamar mandi sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh dengan tulisan-tulisan.  Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian kamu tidak dapat belajar dengan baik.   
Salah satu hak siswa adalah mendapatkan pendidikan yang layak.  Tetapi pada saat yang sama siswa juga mempunyai kewajiban untuk menjaga sarana pendidikan agar haknya terpenuhi. Jika siswa tidak melakukan kewajiban tersebut, maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu.  
Apakah yang dimaksud dengan kewajiban? Menurut Ka mus Besar Bahasa Indonesia, kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus dilakukan atau diamalkan. Sehingga ke waji ban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi.  
Semua siswa yang sedang belajar di Indonesia, wajib mengikuti peraturan yang ditetapkan Negara melalui undang-undang. Semua kewajiban ini, harus dilakukan untuk menjamin seorang siswa mendapatkan haknya. Seorang siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban siswa, antara lain menaati peraturan yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya menaati peraturan sekolah.

Ayo Berdiskusi
gunakan tabel di bawah ini, untuk menentukan hak-hakmu sebagai siswa.  Setelah itu, kamu dapat menentukan kewajibanmu untuk mendapatkan hak - hakmu. 

Kunci jawaban tabel hak dan kewajiban siswa serta hak dan kewajiban sebagai anak dirumah.


Berikut tabel jawaban hak dan kewajiban siswa di sekolah


Berikut tabel jawaban hak dan kewajiban anak di rumah




Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Jawaban Dari Hak dan Kewajiban Sebagai Siswa di Sekolah Serta Hak dan Kewajiban Anak di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel