Gambar Cerita : Pengertian, Teknik dan Contoh Gambar Cerita

Konten [Tampil]

gurune.net - Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Pada pembahasan kali ini gurune akan mengulas tentang gambar cerita, dari pengertian gambar cerita, langkah – langkah membuat gambar cerita, contoh gambar cerita ( gambar cerita tentang lingkungan, gambar cerita rakayat, gambar cerita tema budaya ) serta pembahasan materi dan contoh kunci jawaban tentang pembahasan Gambar cerita. Semua materi gambar cerita ini ada pada buku teks atau Buku Siswa Kelas V revisi 2018 tepanya pada tema 6 sub tema 3.

Baca Juga : RPP Satu Lembar SD/MI Kelas 1 Sampai 6

Gambar Cerita

Gambar cerita yaitu gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Gambar cerita dapat ditemui pada buku-buku cerita, terutama untuk anak-anak, untuk menceritakan sebuah peristiwa, baik peristiwa yang benar-benar terjadi atau cerita imajinasi. Bagaimana gambar cerita dibuat? Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah. Alat dan bahan untuk menggambar cerita dengan teknik kering, menggunakan beberapa alat misalnya, pensil, kapur, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air. Pada teknik basah, media yang diperlukan berupa cat air, tinta bak atau tinta Cina, cat poster yang menggunakan air sebagai pengencer.

Teknik Kering

Menggambar cerita dengan teknik kering, tidak perlu menggunakan pengencer seperti air. Cerita dibuat langsung pada kertas gambar. Mula-mula dibuat sketsa atau rancangan gambar yang menggambarkan sebuah cerita. Setelah itu, diberikan garis atau warna sesuai dengan media kering yang digunakan. Beberapa contoh media kering yang biasa digunakan antara lain:

a. Pensil
Pensil yang digunakan dalam menggambar ce rita, biasanya adalah pensil ukuran 2B sampai 6B.

contoh gambar cerita teknik kering ( pensil )
contoh gambar cerita teknik kering ( pensil )

b. Krayon
Krayon memiliki ber agam variasi warna. Krayon merupakan cam puran antara lilin dan bahan pewarna yang aman untuk anak-anak. Krayon digunakan untuk menggambar cerita yang memerlukan variasi warna.  

contoh gambar cerita teknik kering ( krayon )
contoh gambar cerita teknik kering ( krayon )

c. Pulpen atau Spidol 
Pulpen atau spidol juga digunakan untuk menggambar cerita dengan karakter yang tegas pada garis-garis. Perhatikan salah satu gambar cerita berikut ini. 

contoh gambar cerita teknik kering ( krayon )
contoh gambar cerita teknik kering ( krayon )

Teknik Basah

Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain, cat air, tinta, atau media lain yang memerlukan air sebagai pengencer. Cerita dibuat dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas. Setelah itu, baru diberi warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan. Teknik basah memerlukan beberapa alat dan bahan seperti cat air, cat poster, tinta bak atau tinta Cina, berbagai jenis kuas, dan palet cat air.
Berikut adalah contoh gambar cerita yang dibuat dengan menggunakan teknik basah.

contoh gambar cerita teknik kering ( krayon )
contoh gambar cerita teknik kering ( krayon )

Langkah - Langkah Membuat Gambar Cerita

Alat Dan Bahan

Persiapan dalam membuat gambar cerita adalah berupa alat dan bahan, silahkan sobat persiapkan baik itu kertas, pensil, crayon, cat dan lainya. Alat ini disesuaikan dengan tujuan pembuatan gambar cerita, maksudnya akan membuat gambar cerita dengan teknik apa, misal seperti yang sudah gurune terangkan diatas, sobat akan menggunakan teknik basah maka alat yang digunakan sampai persiapan cat gambar baik cat acrylic, bisa juga cat air maupun poster.

akan tetapi jika ingin menggunakan teknik kering krayon, cat tidak usah dipersiapkan, kita nantinya fokus pada pewarnaan menggunakan crayon saja.


Tentukan Tema Gambar Cerita

Tema menjadi bagian awal yang harus kita pahami sebelum melangkah memulai menggambar, tema apa yang akan kita kerjakan, biasanya dalam setiap event ada beberapa tema langganan seperti gambar cerita tema lingkungan, bencana, budaya dan cerita rakyat. Untuk tema pada bagian bawah ulasan ini ada contoh gambar cerita dengan tema tersebut.

Setelah tema kita tentukan, kita cari berbagai referensi gambar ( saat berlatih ). 

Referensi dari tema yang sama akan bisa menambah imajinasi kita nantinya.

bisa sobat cari referensi gambar cerita dengan tema yang ingin dibuat dari internet, contoh di sekolahan maupun media lainya.


Memulai Membuat Sketsa

Pada tahap berikutnya adalah mulai membuat sketsa gambar, disini kita harus memahami apa itu sketsa gambar.


langkah - langkah membuat gambar cerita ( sketsa )
sketsa gambar cerita

Sketsa adalah gambar kasar atau garis besar gambar. Pada tahap sketsa kita gunakan pensil dan penghapus, proses ini masih ringan, kita buat semua bagian gambar secara ringan jangan terlalu tebal, jika semua sudah fix dengan sketsa yang kita buat kita bisa mulai menebalkan sketsa nantinya.


Finishing Gambar Cerita

Setelah sketsa kita buat, kita tinggal menebalkan sketsa tersebut menggunakan spidol jika nantinya teknik pewarnaan yang akan kita gunakan menggunakan teknik kering krayon, tapi tidakpun tidak masalah, tapi untuk siswa menebalkan menggunakan spidol akan memudahkan nantinya dalam pewarnaan menggunakan crayon.

Intinya pada tahap ini adalah pewarnaan dengan berbagai teknik pewarnaan yang akan kita pilih, teknik pewarnaan sudah gurune terangkan pada uraian teknik pewarnaan diatas.

Satu hal yang perlu diajarkan disini adalah teknik gradasi warna. Gradasi warna adalah pencampuran lebih dari satu warna yang selaras dalam gambar.


langkah - langkah membuat gambar cerita ( pewarnaan gradasi )

Dengan menggunakan teknik pewarnaan menggunakan gradasi warna gambar akan lebih bagus dan menarik, kesan mirip sesuai aslinya akan nampak disini.

paling mudah mempelajari gradasi warna menggunakan pastel, sebab dalam pastel atau crayon biasanya sudah di atur sesuai gradasi.



Contoh crayon diatas, dalam kemasanya sudah diseting sesuai gradasi.

Jadi siswa lebih mudah dalam menggunakan.

Contoh - contoh gambar cerita.

Banyak sekali contoh - contoh gambar cerita, baik yang bertema lingkungan, budaya maupun gambar cerita rakyat. gurune akan berikan contoh gambar cerita tersebut sebagai inspirasi sobat dalam berlatih menggambar, apalagi yang sedang mempersiapkan diri dalam efent fls2n tentang gambar cerita.

Contoh Gambar Cerita Tema Lingkungan


contoh gambar cerita tema lingkungan
contoh gambar cerita tema lingkungan

Contoh Gambar Cerita Tema Budaya


contoh gambar cerita rakyat

Contoh Gambar Cerita Rakyat


contoh gambar cerita rakyat

Contoh lain gambar cerita bisa sobat lihat disini ada 34an contoh gambar cerita hasil fls2n tingkat nasional tahun 2019


Ayo Berlatih

Perhatikanlah gambar cerita berikut ini! Lengkapilah keterangan sesuai gambar cerita yang ditampilkan. Di manakah kamu menemukan gambar cerita tersebut? Kesan apa yang kamu rasakan pada saat mengamati gambar ilustrasi tersebut?


jawaban ayo berlatih tentang gambar cerita buku siswa kelas 5 tema 6


Ayo Mencoba

Setelah kamu mengetahui alat dan bahan yang digunakan untuk membuat gambar cerita, gunakanlah informasi di atas untuk melakukan kegiatan berikut bersama dengan kelompokmu. 

1. Jelaskanlah, apa yang kamu ketahui tentang gambar cerita. Tuliskan pemahamanmu dengan menggunakan kata-katamu sendiri, pada buku catatanmu!

Gambar cerita yaitu gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. 

2. Berdasarkan pemahamanmu tentang gambar cerita, bersama kelompokmu, carilah beberapa gambar cerita dari majalah dan koran. 

3. Guntinglah gambar cerita tersebut dan tempelkan di beberapa kertas gambar ukuran A4. 

4. Tuliskanlah di bawah cerita tersebut beberapa keterangan, seperti: a. Pembuat gambar, b. Teknik yang digunakan, dan c. Alat yang digunakan. 

pembuat gambar cerita, teknik dan alat yang digunakan


5. Amatilah gambar cerita yang telah kamu pilih, lalu diskusikan dengan teman sekelompokmu, cerita apa yang disampaikan dari gambar cerita tersebut. Tuliskanlah cerita yang kamu tangkap dari gambar tersebut di bawah keterangan gambar. 

6. Pajanglah hasil pekerjaan kelompokmu di dinding kelas. Lakukanlah pengamatan pada gambar-gambar cerita milik kelompok lain.  Apakah yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan di atas? Tuliskanlah kesimpulanmu di tempat yang tersedia di bawah ini.

Kesimpulan 

Gambar cerita yaitu gambar yang menunjukkan kegiatan orang-orang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Gambar cerita bisa dibuat dengan teknik kering ( pensl, crayon, spidol ) maupun menggunakan teknik basah menggunakan cat warna.

Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Gambar Cerita : Pengertian, Teknik dan Contoh Gambar Cerita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel