Perbedaan Suhu dan Panas

Konten [Tampil]
gurune.net - Dalam kehidupan sehari-hari, kamu sering mengukur suhu dengan sentuhan telapak tangan. Indera peraba akan mengirimkan informasi ke otak untuk memberitahumu bahwa sesuatu itu terasa panas atau dingin. Nah, betulkah indera peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu benda? Dapatkah kamu menentukan dengan tepat perbedaan suhu antara dua benda dengan menggunakan indra peraba pada telapak tanganmu? 



Perbedaan Suhu dan Panas 

Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. 
Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda.  Pernahkah kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan? Ketika malam hari saat kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kamu memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tidak terlalu merasakan hawa dingin karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan.  

Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur. 

Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda.  Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api.  Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas.  Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat.  Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun.  Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut.  Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter. 

(Sumber : How do we measure temperature?Chris Woodroof dengan penyesuaian)

Kunci Jawaban Dari Bacaan Perbedaan Suhu dan Panas 

#Soal Pertama


1. Apa judul bacaan di atas?

Jawab : Bacaan judul diatas adalah " Perbedaan Suhu dan Panas "

2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas! 

Paragraf 1  :   Indra Peraba, Cuaca                 
Paragraf 2  :   Temperatur                 
Paragraf 3  :  Kalor, Celcius, Kalori Meter

3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas.  Lalu, mintalah temanmu untuk menjawabnya!  

  • Indra Peraba apakah yang dimiliki oleh manusia ?
  • Apa yah harus kamu lakukan ketika malam hari saat kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin?
  • Apa yang kamu ketahui tentang suhu atau temperatur ?
  • Apa yang dimaksud dengan kalor ?
  • Apa yang kamu ketahui tentang Celcius ?
  • Apa yang kamu ketahui tentang kalorimeter ?


4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!

  • Apakah di negara lain satuan suhu yang digunakan berbeda dengan di Indonesia yang menggunakan derajat celsius ?
  • Saya pernah melihat ada alat pengukur suhu yang di dinding dan satunya di ketiak, apakah alat - alat itu berbeda ?

5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada teman sebangkumu!
Kesimpulan:

Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda.  Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.

#Soal Kedua

 B.  Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apa yang kamu ketahui tentang panas?

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu bendaSuhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut.  Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C)Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter. 

2. Apa yang dimaksud dengan suhu atau temperatur?

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda

3. Ceritakanlah sebuah peristiwa yang kamu alami yang dapat menjelaskan perbedaan antara suhu dan panas! 

Ketika seorang anak mengalami demam jika di cek keningnya akan terasa panas, dan jika diukur dengan termometer suhu badan biasanya suhunya naik. Ketika dibawa ke dokter dan diberi penurun panas dicek kembali dengan termometer beberapa jam kemudian suhunya akan menurun

Berdasarkan pemahamanmu terhadap bacaan di atas, lengkapilah tabel berikut mengenai perbedaan antara panas dan suhu yang kamu ketahui!


PanasSuhu
Panas adalah salah satu bentuk energiSuhu adalah besaran
Panas dapat diukur menggunakan kalorimeterSuhu dapat diukur menggunakan termometer
Satuan panas adalah kaloriSatuan suhu adalah derajat Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin
Panas dapat berpindah dari satu benda ke benda lainnyaSuhu tidak dapat berpindah, namun bisa naik dan turun

Tuliskanlah kesimpulanmu tentang panas dan suhu dengan menggunakan kata-katamu sendiri berdasarkan kegiatan pembelajaran di atas!

Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda.

0 komentar:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel