Jawaban Dari Bacaan Perbedaan Suhu dan Panas

Berikut akan gurune berikan contoh jawaban dari bacaan yang berjudul " Perbedaan Suhu dan Panas " yang ada pada buku siswa kelas V SD?MI Kurikulum 2013 . Jawaban ini adalah contoh jika kurang pas atau ingin menambah dan mengurang silahkan saja, karena kunci jawaban ini gurune buat untuk panduan orangtua mendampingi belajar anaknya dirumah.


Perbedaan Suhu dan Panas 

Indra peraba, seperti telapak tangan tidak dapat menentukan secara tepat derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya dapat memperkirakan panas dan dingin suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda.  Pernahkah kamu pergi berkemah ke daerah pegunungan? Ketika malam hari saat kamu berkemah di daerah pegunungan, kamu akan merasakan bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kamu memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu. Lain halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi seperti daerah pegunungan. Mereka tidak terlalu merasakan hawa dingin karena mereka sudah terbiasa dengan hawa dingin di pegunungan. 

Hal tersebut, membuktikan bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur. 

Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda.  Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut mendapatkan energi panas dari api.  Energi panas membuat batang logam tersebut menjadi panas.  Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat.  Ketika batang logam menjadi dingin, suhunya menurun.  Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut.  Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter. 

(Sumber : Buku siswa kelas V sd/mi di ambil dari How do we measure temperature?Chris Woodroof dengan penyesuaian)










A. Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini! 

1. Apa judul bacaan di atas?
.................................................................................................

2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas! 

Paragraf 1  :  .................................................................................................                
Paragraf 2  :  ..............................................................................................                         
Paragraf 3  :  ..............................................................................................
               
3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang kamu tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas.  Lalu, mintalah temanmu untuk menjawabnya!  
.................................................................................................

4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan tentang bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!
.................................................................................................

B. Kunci Jawaban

1. Perbedaan Suhu dan Panas
2. Kata Kunci pada Paragraf 1 ( Indra Peraba, Cuaca, Derajat Panas, Hawa Dingin ), Paragraf 2 ( Derajat panas, tingkat panas, temperatur ), Paragraf 3 ( Kalor, energi panas, Suhu, kalorimeter )
3. Alat apa yang digunakan untuk mengukur tingkat panas suatu benda ? ( Kalorimeter )
4. Berapa suhu yang dimiliki oleh matahari ? Bagaimana Caranya mengukur tingkat panas pada matahari ?
Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Jawaban Dari Bacaan Perbedaan Suhu dan Panas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel