Jawaban Dari Bacaan " Bank Sampah " Buku Siswa Kelas V SD/MI K13 Revisi

Gurune.net - Jawaban Dari Bacaan " Bank Sampah " Buku Siswa Kelas V SD/MI K13 Revisi. Pada kesempatan kali ini gurune akan membahas mengenai kegiatan ke 6 Tema 5 Kelas V SD / MI yaitu jawaban dari pertanyaan tentang Bank Sampah.



Bank Sampah


Bank Sampah 

Penulis: Sam Edy Yuswanto

Suatu hari, saat jam istirahat di sebuah sekolah di Jakarta. 

“Jangan buang sampah sembarangan, Nita!” seru Luna saat melihat Nita, sahabatnya, membuang bungkus kudapan di taman depan sekolah. “Kenapa?” 

sahut Nita cuek. 

“Kata ayah dan ibuku, jika setiap orang buang sampah sembarangan, itu bisa mencemari lingkungan,” terang Luna.


Luna kemudian berjongkok memungut bungkus kudapan yang baru dibuang Nita. 

Sampah itu lantas ia masukkan ke dalam tas kresek yang baru saja ia ambil dari saku roknya. 

“Eh, buat apa bungkus kudapan itu, Luna?” tanya Nita heran.

 “Kalau mau tahu, nanti sepulang sekolah kamu ikut aku, oke?” ujar Luna seraya mengajak Nita masuk kelas karena bel sekolah telah berbunyi.

“Wah! Bagus-bagus sekali tas dan dompetnya!” seru Nita takjub saat melihat tas dan dompet beraneka warna yang terbuat dari anyaman plastik bekas bungkus permen, kudapan, deterjen, dan benda lainnya. “Makanya, Dik. Kalau di rumah punya sampah plastik dan kertas, bawa saja ke sini. Jangan dibuang, ya,” kata Bu Yeti, pemilik rumah tempat penampungan sampah. 

“Iya, Bu,” ujar Nita. 

Setelah pulang sekolah, Nita memang diajak Luna mampir ke rumah Bu Yeti yang tak begitu jauh dari sekolah. Di rumah yang diberi nama “Bank Sampah” tersebut, Bu Yeti mengajak para tetangganya agar tidak membuang sampah secara sembarangan. Bu Yeti meminta mereka untuk menyetorkan sampah berupa plastik dan bungkus yang telah dibersihkan kepadanya. 

Ternyata, sampah-sampah itu dimanfaatkan Bu Yeti untuk membuat bermacam suvenir yang sangat menarik dan bernilai seni. Suvenir atau cindera mata itu antara lain berupa tas, dompet, tempat bolpoin, dan lain-lain. 

“Oh, jadi tadi pagi kamu mengumpulkan bungkus kudapan di sekolah untuk disetorkan ke sini, Luna?” tanya Nita pada Luna. 

Luna mengangguk dan tersenyum. 

“Oh, iya. Kalian mau tidak, Ibu ajari untuk membuat tas, dompet, maupun pernak-pernik kerajinan tangan lainnya dari bahan sampah plastik?” ujar Bu Yeti. 

Luna dan Nita saling berpandangan sejenak, lalu menjawab serempak dengan senang. “Mau..., mau, Bu!” 

“Kalau mau, ya, sudah besok sepulang sekolah, kalian bisa datang lagi ke sini. Tetapi, minta izin dahulu, ya, pada orang tua kalian. Jangan lupa juga bawa sampah-sampah plastik sebagai bahan utama kerajinan tangan yang akan kalian buat,” lanjut Bu Yeti.


Luna dan Nita pun saling tersenyum. Mereka berdua gembira karena bakal mempunyai kegiatan baru yang menyenangkan, yaitu mendaur ulang sampah menjadi benda-benda yang menarik dan bisa bermanfaat. Mereka juga bisa turut berpartisipasi menyelamatkan lingkungan.

A. Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan tersebut! 

1. Siapakah tokoh utama pada cerita tersebut?

Tokoh utama cerita diatas adalah Luna dan Nita

2. Permasalahan apakah yang timbul pada cerita tersebut?

Permasalahan yang timbul pada cerita diatas adalah  membuang sampah sembarangan bisa mencemari lingkungan.

3. Bagaimanakah pemecahan masalah berdasarkan cerita tersebut?

Kegiatan Bank Sampah bisa menjadi solusi agar warga tidak membuang sampah sembarangan, sekaligus bisa mendaur ulang sampah plastik menjadi barang kerajinan kreatif.

4. Pesan apakah yang dapat kamu petik dari cerita tersebut?

Pesan yang dapat kita petik dari bacaan " Bank Sampah" adalah Kita Tidak boleh membuang sampah sembarangan, kita dapat memanfaatkan sampah dengan mendaur ulang sampah menjadi barang - barang kerajinan yang kreatif.






Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Jawaban Dari Bacaan " Bank Sampah " Buku Siswa Kelas V SD/MI K13 Revisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel