Jenis Usaha Bidang Jasa

Jenis usaha pariwisata merupakan usaha di bidang jasa. Bidang jasa berkaitan dengan pemberian layanan kepada konsumen. Contoh usaha jasa selain pariwisata antara lain perbankan, keuangan, asuransi, kesehatan, dan hukum. Sektor jasa di Indonesia, terutama pariwisata berkembang pesat. Pesatnya jasa pariwisata didukung potensi panorama alam Indonesia yang elok. Sektor pariwisata di Indonesia juga menonjolkan aspek budaya. Contoh objek wisata alam adalah danau, pantai, bukit, pegunungan, gunung, suaka alam, serta flora fauna.  Contoh objek wisata budaya adalah kesenian daerah, upacara adat, keraton, dan candi. Berkembangnya sektor pariwisata menumbuhkan usaha-usaha penunjang jasa pariwisata.

Usaha-usaha di bidang jasa pariwisata antara lain sebagai berikut. 


  • Pengelola jasa penginapan, misalnya hotel, motel, wisma, dan losmen.
  • Usaha penjualan barang cendera mata atau suvenir.
  • Penyedia jasa pemandu wisata (tour guide).
  • Penyedia jasa pariwisata dan transportasi (tour and travel).


penjual buah
penjual buah

Salah satu jenis usaha yang banyak kita lihat adalah berjualan. Mulai dari penjual buah, makanan, barang-barang keperluan sehari-hari hingga para penjual kendaraan bermotor. Dari jenis usaha itu, para pedagang dapat memperoleh penghasilan untuk kehidupan sehari-hari.




Menurutmu, mengapa ada berbagai jenis usaha? 

Berbagai jenis usaha ada dikarenakan adanya perbedaan sumberdaya alam di berbagai daerah dan sumber daya manusia ( keahlian ) yang dimiliki setiap manusia berbeda - beda. Dari hal itulah menjadikan beragamnya jenis usaha yang ada seperti sekarang ini.

Mengapa orang melakukan suatu usaha tertentu dan orang lain melakukan jenis usaha lain yang berbeda?

Sumber daya manuisa yang beragam menyebabkan beragamnya jenis usaha. Sehingga munculah perbedaan usaha antara orang yang satu dengan yang lainya.
Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Jenis Usaha Bidang Jasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel