Berlatih Desain Grafis Sederhana Bersama Anak

Gurune - Kadang anak kita jenuh dengan berbagai aktifitas yang rutin dan seabreg tugas disekolah, walau sudah diseting di kurikulum 2013 Revisi dalam pembelajaranya menggunakan pembelajaran yang menarik, kreatif dan tanpa membebani siswa, tetap saja anak butuh bermain.

Tapi kita sebagai orang tua jangan sampai salah mengartikan permainan sebebas yang anak mau, seperti bermain gadeg ( game online ) tanpa mengenal waktu. 

Ada lho salah satu permainan yang sering gurune lakukan bareng anak - anak dirumah. Salah satunya sama anak pertama gurune yang duduk dikelas 2 SD, dia suka sekali sama gambar. Pas banget ni, gurune adakan permainan yang ada kaitanya dengan gambar ni sob.

Gurune kenalkan menggambar di komputer sob. Gurune sebut sebagai permainan " Edugrafis ". Tapi sebelum adakan permainan gurune kenalkan software yang dikgunakan bertahap sob, termasuk lama juga, software yang gurune pakai yaitu CorelDraw sob.

Permainanya gini, gurune bermain semacam pencarian harta karun sob, siapkan kertas berisi deskripsi tugas sob ( masukan dalam kotak ) kita sembunyikan tu kotak, langkah berikutnya kita kasih petunjuk untuk mencari peta yang sudah kita sembunyikan menggunakan denah dan petunjuk sederhana bisa menggunakan kode berantai atau petunjuk arah. Setelah di temukan suruh baca tu tugasnya yang ada didalam kertas. Selanjutnya biarkan anak mengekspresikan tugas gambar tersebut dikomputer. Biarkan anak mengekspresikan hasil karyanya sesuai imajinasi dalam box tersebut.

ini ada contoh hasil karya anak dirumah ( kelas 2 SD )

desain grafis anak
hasil grafis anak
Tidak semua anak yang mengejakan, ada beberapa tool di software corel draw yang anak belum tau, disitu tugas kita membimbing permainan ini.

Akan tetapi apapun hasilnya, inilah bentuk permainan yang positif, minimal di dalam sebuah permainan yang kta lakukan dengan anak, muncul sebuah karya.

Kita selaku orang tua hanya bisa memancing bakatnya agar berkembang, contoh diatas hanya salah satu contoh permainan yang gurune lakukan. Kalau mau kita pikirkan sebetulnya banyak sekali permaian yang menarik, dan bisa kita lakukan bersama anak dirumah.

Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Berlatih Desain Grafis Sederhana Bersama Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel