8 Fitur Menarik Portal Rumah Belajar Kemendikbud


Gurune.net - Apa si Rumah Belajar ? Pertanyaan yang sering ditanyakan siswa saya saat mengenalkan 8 fitur menarik didalam portal rumah belajar, pada saat pembelajaran berlangsung dikelas. Kali ini gurune akan membahas 8 fitur utama yang dimiliki oleh " Rumah Belajar " akan tetapi gurune akan beritahu tentang Rumah Belajar.

RUMAH BELAJAR merupakan konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran. 

Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, Rumah Belajar sangat mudah diakses. Begitu di-klik, langsung muncul halaman pertama dengan berbagai menu pilihan kelompok materi belajar. 

Pada menu Fitur Utama terdapat delapan kelompok konten, yaitu Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Sedangkan pada menu Fitur Pendukung terdapat tiga kelompok konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Ada pula materi pembelajaran yang terhimpun dalam Fitur Pendukung.

Dalam memanfaatkan Rumah Belajar pengguna akan di dampingi oleh Duta Rumah Belajar yang telah dipilih dari 34 Provinsi. Mereka merupakan perpanjangan tangan dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud, dalam melakukan Sosialisasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), khususnya pemanfaatan Rumah Belajar di masing-masing provinsinya.




8 Fitur Utama Rumah Belajar Antara Lain

#1 - Sumber Belajar


Sumber Rumah belajar berisi konten sumber belajar dari jenjang PAUD - SMK/SMA dalam fitur ini juga terdapat sumber belajar untuk umum. Dalam Sumber Belajar terdapat 2 konten yaitu konten terbaru dan konten populer


#2 - Buku Sekolah Elektronik


Fitur ini diarahkan langsung menuju ke Ekosistem Perbukuan Sekolah, Pengunjung bisa melakukan download buku pelajaran secara gratis disini.

#3 - Laboratorium Maya

Fitur ini berisi keterangan mengenai hukum - hukum dalam kimia maupun fisika jenjang SMP dan SMA/SMK , tidak hanya kategori Kimia dan Fisika saja didalam fitur ini juga terdapat penjelasan- penjelasan tentang matematika


#4 - Bank Soal

Bank Soal merupakan kumpulan soal - soal latihan dari jenjang SD-SMA/SMK, didalam portal ini berisi Akses berbagai Latihan, Ulangan, dan Ujian sekarang juga, Gratis !



#5 - Wahana Jelajah Angkasa


Fitur ini yang paling menarik buat gurune, karena kita bisa mempelajarai benda - benda luar angkasa lewat teleskop. Kalau sobat penasaran bisa langsung cek ke laman Rumah Belajar.



#6 - Peta Budaya


Fitur Peta budaya seakan membawa kita menjelajah ke setiap daerah, disana kita bisa mengetahui berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia, cara menggunakanya yaitu dengan melakukan Klik pada daerah didalam peta maka kita akan diarahkan ke link informasi tentang daerah tersebut, Tentunya informasi terkait Budaya daerah tersebut.



#7 - Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB )

Untuk fitur ke 7 ini diperuntukan untuk para guru, isi dari fitur PKB yaitu tentang pelatihan dan workshop secara online, yang diwadahi oleh Rumah Belajar. Pelatihan daring ini akan sangat membantu guru dalam menambah wawasanya.


#8 - Kelas Maya

Pada fitur Kelas Maya didalamnya berisi banyak kelas secara daring dibuat. 



Ada 6611 Penyelenggara · 18113 Kelas · 18701 Guru · 103678 Siswa sampai tulisan ini dibuat. Penasaran cek langsung saja ke Rumah Belajar.

itulah 8 Fitur Menarik Portal Rumah Belajar Kemendikbud
Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "8 Fitur Menarik Portal Rumah Belajar Kemendikbud"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel