32 Juta Rupiah Terkumpul Dari Program Receh Untuk Berbagi Madin Irsyadul 'Awwam Dan Berhasil Santuni 34 Anak Yatim di Sidanegara



PURBALINGGA – Madrasah Diniyah ( Madin ) Irsyadul 'Awwam Desa Sidanegara, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga  berhasil mengumpulkan  Rp 32.011.000 dimulai dari program " Receh Berbagi ". Dana tersebut tersalurkan  untuk menyantuni 34 anak yatim di wilayah desa sekitar. Radiyanto ( 39 ) Salah satu kadus di desa Sidanegara  sekaligus walisantri Madin Irsyadul ' Awwam  sangat mengapresiasi  program " Receh Berbagi " yang di cetuskan kepala madin Irsyadul 'Awwam ( Prayitno, S.Pd.I ), Dengan program sederhana akan tetapi banyak sekali manfaat yang didapatkan. 


Madrasah Diniyah ( Madin ) Irsyadul 'Awwam Desa Sidanegara, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga  berhasil mengumpulkan  Rp 32.011.000 dimulai dari program " Receh Berbagi ". Dana tersebut tersalurkan  untuk menyantuni 34 anak yatim di wilayah desa sekitar. Radiyanto ( 39 ) Salah satu kadus di desa Sidanegara  sekaligus walisantri Madin Irsyadul ' Awwam  sangat mengapresiasi  program " Receh Berbagi " yang di cetuskan kepa madin Irsyadul 'Awwam ( Prayitno, S.Pd.I ), Dengan program sederhana akan tetapi banyak sekali manfaat yang didapatkan.
Pemberian Santunan Anak Yatim


Kepala Madin Irsyadul 'awwam , Prayitno, S.Pd.I mengatakan bahwa 34 anak yatim  berhasil disantuni dari program santunan anak yatim yang digelar Sabtu Malam ( 7/9/2019 ) 8 Muharam 1441 H, kegiatan santunan tersebut salah satunya didanai dari program " Receh Berbagi " yang dicetuskanya. Acara tersebut dihadiri oleh ribuan warga masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan, sekaligus program kerja pengurus TPQ dan Madin sebagai puncak kegiatan dalam setiap semester. Dan kami berharap masyarakat dan Pemerintahan Desa dapat mendukung kegiatan yang sudah berjalan 6 kali ini,” katanya.

Menurutnya, dana santunan diperoleh dari program “Receh untuk Berbagi” dari wali santri. Yakni dengan cara  menyisihkan uang receh yang didapatkan dari para wali santri dan donatur lainya, donatur tidak hanya dari  desa Sidanegara saja akan tetapi nbanyak pula donatur dari luar Desa. Program ini dimulai dari tahun 2015 . Sebelum adanya program receh berbagi, dulu untuk santunan seperti ini dana diambil dari tarikan dana kepada walisantri secara langsung, akan tetapi rata - rata diantara mereka merasa keberatan bila ditarik secara langsung. Berawal dari itulah muncul ide program " Receh Untuk Berbagi" dan " Alhamdulillah setelah 2015 program ini terus berkembang sampai sekarang " ( kata Prayitno, S.Pd.I ). Cara kerja penerapan program " Receh untuk berbagi Sangat Simple, setiap wali santri diberi satu buah " Celengan " yang harus mereka isi setiap hari dengan uang - uang receh yang biasa tergeletak sebagai sisa atau kembalian membeli sesuatu. Bok Uang  / Celengan juga tersebar di toko - toko di wilayah Desa Sidanegara dan desa sekitar.

“Bupati Purbalingga  yang diwakili Kabag  Kesra  Bapak. Eni Sosiatman, Sos, MSi, mengapresiasi kegiatan Madin ini. Karena telah ikut membantu Pemkab mencapai Visi Misi Kabupaten Purbalingga yang berakhlaqul karimah,” katanya.

Dan beliau, lanjut dia, juga mengucapkan selamat kepada santri yang  telah melaksanakan Khotmil Quran dan diwisuda. Mereka berjumlah 37 santri, alquran 7 santridan 30 santri khatam juz'amm.

Prayitno, menambahkan bahwa dalam rangkaian acara tersebut sebelumnya juga digelar pawai ta'aruf pada Sabtu malam atau malam Ahad ( 1 Muharam 144 H). 

Kemudian dilanjutkan dengan Tahlil Massal pada Kamis Malam atau malam Jumat (6 Muharam 1441 H). Dan acara Pengajian juga dihadiri oleh ribuan jemaah mulai dari santri, wali santri serta masyarakat Desa Sidanegara. 
Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "32 Juta Rupiah Terkumpul Dari Program Receh Untuk Berbagi Madin Irsyadul 'Awwam Dan Berhasil Santuni 34 Anak Yatim di Sidanegara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel