Permainan Jadul Inspirasi Lomba 17 Agustusan Untuk Anak


Gurune.net - Momen 17 Agustus adalah salah satu momen yang dinantikan oleh anak- anak, salah satu yang mereka tunggu adalah lomba - lomba menarik yang diadakan di Sekolahan, rt terdekat, tempat mengaji ( TPQ/TPA ) maupun lingkup desa/kelurahan. Hanya sekedar mendapatkan hadiah buku saja hati mereka sudah bahagia. Tidak usah hadiah, nama mereka disebutkan menjadi juara saja wuihhhh... bangganya sob...ga hilang mpe akhir 17an, dan terkenal dikalangan anak - anak sebanyanya.

Banyak jenis lomba yang dari tahun ketahun selalu di tampilkan untuk anak - anak bahkan semenjak mimin mulai ikut lomba dulu kaya ( sodok air, bawa kelereng, tarik tambang, makan kerupuk, pindah bendera dll ) jenis lomba ini sering dan turun - temurun. 

Muncul lomba baru kaya balap karung pakai helm untuk anak ( pi agak kasian juga ya si anak ) hehehe...pakainya kalau bisa helm cakil biar aman, lomba pindah terigu buat ibu - ibu yang sempet viral tuk perayaan tahun ini.

Biar kita mengenang masa lampau kalau saja permainan tradisional ini di jadikan lomba lagi kayaknya mendidik banget ya sob, dan mengenang suasana jaman dahulu lagi..


1. Lomba Egrang ( Pelan - pelanan )


Yap, lomba egrang sob. mainan ini adalah mainan tradisional, yang belum tentu anak sekarang tau sob, sembari kita kenalkan kepada anak jaman sekarang ( jaman Now ). Biasanya dalam lomba egrang adalah lomba kecepatan. Tapi biar kreatif kita coba pelan-pelanan saja...siapa yang lamban bergerak dan bisa bertahan di egrangnya dialah juaranya. Maka egrang gurune rekomendasikan sebagai menjaga salah satu budaya leluhur.


2. Lomba Bermain Dam - Daman


Masih inget sob, permainan yang satu ini. Caturnya anak jadul ni. Dam-daman kalau mimin sebut dulu. Boleh ni dijadikan inspirasi lomba yang unq. Caranya kita lombakan di gang-gang desa sob, sterilkan gang-gang desa. Buat pakai kapur tulis. Biar ramai anak-anak kita tandingkan permainan dam-daman di situ. seru sob, ini salah satu lomba strategi juga sob, hehehe...permainan jadul yang coba kita kembalikan kejayaanya lewat peringatan 17 agustusan. Menarik tentunya, silahkan di coba sob.


3. Go Bag So Dor


Wah kalau inget permainan ini waktu kecil, inget dimarahi sama mama waktu bermain gamau pulang saking asiknya. Bisa ni sob, dijadikan acuan tuk lomba team, buat anak - anak. Permainan beregu gobag sodor ini selain membutuhkan kecepatan, ketepatan, kecerdasan juga membutuhkan kekompakan teamnya.

Wah menarik ni kalau dijadikan lomba, bakal ramai ni kalau lomba diadakan di areal lapang kampung yang lebar.


4. Bola Kasti


Bisa ko, kasti dijadikan lomba untuk anak, jenis lomba berregu tentunya, bagus ni kalau dilakukan disekolahan.. Akan ramai tentunya.

Ok Sob sementara 4 dulu aja, sapa tau komuentas sobat dapat memb
Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Permainan Jadul Inspirasi Lomba 17 Agustusan Untuk Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel