Membuat Tulisan Tentang Hobiku

Gurune.net - Dalam buku siswa kelas V SD/MI pada tema 1, kegiatan berbasis proyek kegiatan 2 ada tugas tentang menulis hobi. Adapun tugasnya yaitu :

Buatlah tulisan yang berisi tentang hobimu. Namun sebelumnya, kamu harus menentukan terlebih dulu ide pokoknya :

Langkah Kerja 

1. Siapkan kertas dan pulpen untuk menulis cerita. 
2. Tentukan ide pokok cerita. 
3. Tulislah cerita tentang hobimu masing-masing. 
4. Bacakan cerita yang telah kamu tulis di depan teman-temanmu. 

Kriteria Keberhasilan: 

1. Dapat menuliskan cerita secara sederhana, 
2. mampu mengkomunikasikan hasil tulisannya dengan bercerita, dan 
3. dapat berbicara dengan sopan dan santun pada saat bercerita.

Ini ada contoh dari gurune tentang tulisan salah satu gurune yang berjudul " Aku Suka Membaca"

tulisan ini bercerita tentang hobi membaca ananda rini yang masih duduk dikelas V SD, semoga bisa menjadi contoh anak - anaku yang lain. 

Adapun bagus tidaknya tulisan gurune nilai karya anak selalu bagus, sebab seorang anak dapat merangkai beberapa paragraf dengan bahasa yang runtut saja sudah sangat luar biasa. Silahkan baca sebuah tulisan tentang hobiku dibawah ini, semoga bisa menjadi inspirasi.

Aku Suka Membaca

Aku Suka Membaca


Aku Suka Membaca

Namaku rini aku siswa kelas 5 SD, setiap hari aku selalu sibuk dengan buku- bukuku. Karena Hobiku adalah membaca. Aku sangat suka sekali membaca. Terkadang saat jam istirahat di Sekolah disaat teman-teman yang lain sibuk bermain dan bercanda dengan teman lainya, aku malah memilih perpustakaan sebagi tempat istirahatku. Namanya saja hobi, pastinya membawa kesenangan tersendiri. Mungkin bagi sebagian temanku ini adalah rutinitas yang membosankan dan menjenuhkan, tapi buatku membaca adalah hal yang sangat mengasyikan. Kata pak guru “ Membaca adalah Jendela Dunia”. Dengan membaca kita bisa tahu apa saja. Allah SWT saja memerintahkan Rasulullah Muhammad SAW saat pertama kali menerima wahyunya untuk membaca. Buatku membaca seperti membuat ketagihan, dikala bacaanku belum selesai rasanya ingin terus dan terus membukanya, kadang saat  bepergianpun aku selalu membawa buku kesukaanku.

Aku sangat suka sekali membaca kisah – kisah, apalagi kisah para nabi dan rasul. Walau sudah kubaca berulangkali tapi masih tetap suka buku – buku itu. Beberapa bulan yang lalu perpustakaan di Sekolahku mendapatkan kiriman buku baru dari pemerintah, aku sangat senang sekali. Banyak sekali judul buku yang menarik. Sayang belum semua bisa dipinjam sebab masih dalam proses pelebelan. Akan tetapi sudah ada separo kiriman buku baru sudah berjejer di rak buku perpustakaan disekolahku. Disanalah tempatku meluapkan hobiku. 

Setiap 3 hari sekali aku selalu meminjam buku yang aku suka. Penjaga perpustakaan di sekolahku sangat ramah, walau perpustakaan di sekolahku  kecil dan sederhana  jauh dari perpustakaan seperti yang ada di sekolahan teman – temanku dikota yang ber AC, berkarpet lantai dan rak yang bagus, tapi tidak membuatku lupa mendatangiya dikala istirahat. Setiap hari minimal 2 lembar bacaan yang ku baca di perpustakaan berarti 2 lembar ilmu yang ku dapat, aku percaya bahwa apa yang kupelajari dengan membaca di hari ini akan berguna di kehidupanku dimasa yang akan datang. 

Pak guru pernah menyampaikan kepada anak – anak kelas V, bahwa kami disuruh untuk terus membaca. Sebab dengan membaca, apa yang dipelajari hari ini akan terus saling terkait dan apa yang dipelajari hari ini untuk bekal dimasa yang akan datang. Apalagi sekarang sudah zamanya teknologi yang kian canggih, maka budaya literasi hasus semakin ditingkatkan.

Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Membuat Tulisan Tentang Hobiku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel