Macam-Macam Kelainan, Gangguan, atau Penyakit Otot Manusia

Gurune.net - 40 % dari bobot tubuh manusia ditopang oleh otot-otot yang melekat pada tulang dalam tubuh manusia. Didalam tubuh manusia terdapat 600 otot yang bertugas menjalankan berbagai fungsi dan membantu sistem gerak manusia. Otot – otot tersebut bertugas dalam menjaga dan mengubah postur tubuh manusia, membantu gerak tubuh, gerak organ dalam seperti jantung yang berdetak dan gerakan pada lambung ( gerak peristaltik ). Maka dari itu tanpa otot – otot tersebut bisa dikatakan manusia tidak akan bisa hidup. Selain itu jika salah satu bagian otot yang ada pada manusia mengalami gangguan pasti akan berdampak dan dapat mempengaruhi aktifitas keseharianya. 

Beikut adalah macam - macam Kelainan, Gangguan, atau Penyakit Otot Manusia :


1. Hipertrofi 

hipertrofi adalah Kelainan otot yang membesar dan menjadi lebih kuat karena sel otot diberikan kegiatan/aktivitas yang terus-menerus secara berlebihan.

Hipertrofi adalah Kelainan otot yang membesar dan menjadi lebih kuat karena sel otot diberikan kegiatan/aktivitas yang terus-menerus secara berlebihan.


2. Atrofi 

Artrofi adalah Kelainan otot yang mengecil, lemah, fungsi otot yang menurun. Hal ini disebabkan adanya penyakit polimielitis yang dapat merusakkan sel saraf pada otot.

Artrofi adalah Kelainan otot yang mengecil, lemah, fungsi otot yang menurun. Hal ini disebabkan adanya penyakit polimielitis yang dapat merusakkan sel saraf pada otot.


3. Stiff/kaku leher 

Stiff/kaku leher adalah Kelainan otot karena adanya peradangan otot trapesius leher akibat gerakan yang menghentak secara tiba-tiba/salah gerak.

Stiff/kaku leher adalah Kelainan otot karena adanya peradangan otot trapesius leher akibat gerakan yang menghentak secara tiba-tiba/salah gerak.

4. Tetanus 

Tetanus adalah Kelainan otot yang disebabkan adanya infeksi bakteri Clostridium tetani. Tetanus menyebabkan otot menjadi kejang-kejang.

Tetanus adalah Kelainan otot yang disebabkan adanya infeksi bakteri Clostridium tetani. Tetanus menyebabkan otot menjadi kejang-kejang.

Dalam buku siswa Kurikulum 2013 Revisi kelas V SD, pembahasan mengenai Macam-Macam Kelainan, Gangguan, atau Penyakit Otot Manusia hanya ada 4 macam saja. Akan tetapi sebetulnya masih ada lagi beberapa Kelainan, Gangguan, atau Penyakit Otot Manusia antaralain :

Parkison

Penyakit ini menyebabkan tubuh tidak seimbang, Penyakit ini menyebabkan gangguan pada otot yang berhubungan dengan gerakan tubuh. Penyakit parkinson sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan, jenis penyakit ini sering menyerang otot - otot manuasia pada usia 60 tahunan.

Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah penyakit pada otot yang belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Gejala dari penyakit ini yaitu merasakan nyeri, gangguan pada otot seperti otot kaku, merasakan sangat lelah, sakit kepala, sulit tidur, masalah pada memori dan konsentrasi, hingga sakit perut dan kembung.

Masih ada lagi beberapa kelainan, gangguan dan penyakit pada otot manusia, itulah beberapa Macam Kelainan, Gangguan, atau Penyakit Otot Manusia. Materi yang ada pada kelas V Semester 1 di Kurikulum 2013 revisi 2017, Pada pembelajaran 5, sub tema 3 tema 1. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan bacaan anak - anak kelas 5 dimana saja, tanpa membawa buku siswa.







Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Kelainan, Gangguan, atau Penyakit Otot Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel