Buatlah Pertanyaan Menggunakan Kata Tanya Dari Bacaan " Sistem Pernapasan Pada Manusia "


Sistem Pernapasan pada Manusia

Manusia bernapas untuk memasukkan udara ke dalam tubuh. Udara mengandung oksigen. Oksigen dibutuhkan untuk mendapatkan energi dari makanan. Energi itu menggerakkan semua proses kehidupan yang sangat penting pada tubuh. Organ pernapasan manusia terdiri atas hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru (alveolus). 


1.   Hidung 

Udara masuk melalui lubang hidung ke dalam rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal untuk menyaring dan menangkap kotoran yang masuk bersama udara. Selain disaring udara yang masuk dilembapkan oleh selaput hidung. 

Baca JugaOrgan Pernapasan Manusia


2.  Faring 

Faring merupakan persimpangan antara saluran pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang. 


3.  Laring 

Laring atau tekak (jakun) terdapat di bagian belakang faring. Laring terdiri atas sembilan susunan tulang rawan berbentuk kotak.


4.  Trakea (batang tenggorokan) 

Pada trakea terdapat jaringan yang disebut silia yang akan bergerak dan mendorong keluar debu-debu dan bakteri yang masuk. 


5.  Bronkus 

Bronkus merupakan percabangan dari trakea serta terdiri atas bronkus kiri dan bronkus kanan. 


6.  Bronkiolus 

Bronkiolus merupakan percabangan dari bronkus. 


7.  Alveolus 

Alveolus terdapat di dalam paru-paru merupakan tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Alveolus dikelilingi kapiler-kapiler darah. Alveolus berbentuk seperti buah anggur.




Udara masuk ke dalam tubuh melalui lubang hidung, lalu masuk ke dalam batang tenggorokan. Batang tenggorokan adalah sebuah pipa mulai dari belakang hidung dan mulut, lalu turun ke paru-paru. Dari batang tenggorokan udara masuk ke dalam paru-paru. Di dalam paru-paru, oksigen terserap ke dalam pembuluh darah halus. Sebaliknya, gas karbon dioksida dari pembuluh darah masuk ke dalam paru-paru dan selanjutnya dibuang saat kita mengembuskan napas. 


Kamu telah membaca bacaan ”Sistem Pernapasan pada Manusia”


  • Dari bacaan tersebut buatlah pertanyaan menggunakan kata tanya: apa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Tuliskan pertanyaan sebanyakbanyaknya.
  • Dari pertanyaan tersebut, tuliskan jawabannya.
  • Tuliskan pertanyaan dan jawabanmu dalam bentuk tabel seperti berikut.
contoh tabel


adapun contoh jawaban dari tugas diatas bisa sobat download kunci jawabanya dalam link download dibawah ini.

kunci jawaban ini hanya contoh saja silahkan sobat kembangkan sendiri.




Buatlah bagan kerja organ pernapasan manusia. Tuliskan pada selembar kertas karton. Bagan ini akan kalian presentasikan pada Pembelajaran 5.

bagan kerja organ pernapasan manusia
bagan kerja organ pernapasan manusia


Saat kita beristirahat atau tidur, dalam setiap tarikan napas kita mengisap dan mengembuskan sekitar setengah liter udara. Kita menarik napas sebanyak 15-20 kali setiap menit. Sebaliknya, setelah beraktivitas berat, misalnya balapan lari, kita membutuhkan lebih banyak oksigen. Saat itu kita menarik napas lebih dalam dan lebih cepat. dalam setiap tarikan napas kita menghirup udara sebanyak 3 liter atau lebih. Dalam setiap menit kita menarik napas sebanyak 50 kali atau lebih. Itulah sebabnya kita terengahengah.
Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk " Buatlah Pertanyaan Menggunakan Kata Tanya Dari Bacaan " Sistem Pernapasan Pada Manusia ""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel