Alasan Mengapa Pupil Mata Kucing Berbentuk Lurus Vertikal

Alasan Mengapa Pupil Mata Kucing Berbentuk Lurus Vertikal
sumber - sains komapas

Gurune.net - Pernahkah sobat bertanya-tanya mengapa pupil mata kucing berbentuk lurus vertikal seperti seakan memiliki mata yang menyeramkan? Sebuah studi terbaru menjelaskan alasannya secara ilmiah. Bentuk pupil tersebut dikatakan berkaitan pada cara berburu yang menjadi ciri khas kucing dan juga beberapa predator lainnya.

Mata Pada Hewan Predator

Pupil mata kucing berbentuk lurus vertikal ini tidak hanya dimiliki oleh kucing namun juga umum di antara pemangsa terutama karnivora nokturnal yang menyerang mangsanya di malam hari. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances namun bisa kamu baca ulasannya di www.anekahewan.com.

Kemungkinan besar alasan dari bentuk pupil ini adalah untuk mengukur secara akurat dan tajam jarak dengan mangsa termasuk jarak lompatan dalam menerkam mangsanya. Dalam penelitian terbaru tersebut tidak hanya menjawab pertanyaan mengapa bentuk pupil mata kucing berbentuk lurus vertikal namun juga beberapa bentuk lainnya.

Mata Pada Hewan Mangsa

Pupil berbentuk persegi panjang horisontal, seperti yang dimiliki oleh kambing dan domba, dianggap dapat membantu hewan-hewan yang menjadi mangsa ini memindai cakrawala guna mencari predator. Bentuk pupil ini berlawanan dengan fungsi pupil mata kucing berbentuk lurus vertikal yang dimilki para predator.

Pupil berbentuk persegi panjang horisontal ini dimiliki oleh mangsa yang fungsinya menganalisa medan ketika berlari dari bahaya. Selain dua bentuk pupil mata tersebut ternyata masih ada bentuk pupil lainnya seperti pupil melingkar cenderung ditemukan pada predator tinggi dan aktif yang terjaga di siang hari, apakah anda tahu siapakah itu?

Penelitian Bentuk Pupil Mata Makhluk Hidup

Penelitian bahwa pemangsa cenderung memiliki pupil lurus vertikal seperti pupil mata kucing berbentuk lurus dan pupil hewan mangsa yang horisontal dimulai sejak 1940-an meski tidak dicari perbedaannya. Hal tersebut dijelaskan oleh Martin Banks yang merupakan seorang peneliti di University of California, Berkeley. 

Untuk mengetahui kebenaran di balik bentuk pupil mata kucing berbentuk lurus dan juga bentuk pupil mata lainnya, Banks dan timnya mengumpulkan database dari 214 spesies hewan yang hidup di darat. Bentuk pupil masing-masing spesies diteliti dengan keterkaitan kebiasaan mencari makan baik dalam aktivitas siang atau malam hari.

Namun, penelitian Banks tidak dapat menjelaskan dan memastikan fungsi pupil mata berbentuk lingkaran yang ada pada beberapa spesies hewan juga manusia. Banks hanya menyimpulkan bahwa pupil mata kucing berbentuk lurus vertikal untuk hewan pemburu sedangkan pupil horizontal dimiliki oleh mangsa yang melarikan diri dari serangan. 

Para peneliti sekarang ingin mempelajari interaksi antara retina dan pupil, terutama di mata dengan bentuk pupil horizontal. Banyak hewan dengan pupil horisontal memiliki retina "smear", kata Banks, dengan kepadatan yang lebih tinggi dari reseptor cahaya dalam garis horizontal yang melintasi retina.

Sebaliknya, manusia memiliki daerah melingkar yang disebut fovea yang sangat padat. Hak tersebut yang tidak memungkinkan kita untuk melihat dalam gelap seperti pada predator nokturnal yang berburu di malam hariseperti pada pupil mata kucing berbentuk lurus vertikal. Temukan fakta menarik lainnya di www.anekahewan.com.

Bentuk Pupil Lainnya

Tim peneliti juga ingin meneliti bentuk pupil mata yang lebih aneh. Beberapa kadal, misalnya, memiliki pupil yang menyempit seperti menjadi tiga atau empat lubang jarum yang ditumpuk secara vertikal. Cephalopoda seperti cumi-cumi ini juga memiliki pupil mata yang benar-benar aneh, pupilnya seperti berbentuk huruf "W".  

Bahkan beberapa cumi -cumi memiliki pupil yang berbentuk seperti bulan sabit. Jadi pupil mata kucing berbentuk lurus vertikal ini bukanlah satu-satunya jenis pupil yang aneh bagi kita. "Ada banyak yang sangat aneh di luar sana," tambah Banks. Unik ya? 

Itulah ulasan tentang Alasan Mengapa Pupil Mata Kucing Berbentuk Lurus Vertikal.

Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Alasan Mengapa Pupil Mata Kucing Berbentuk Lurus Vertikal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel