5 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris tanpa Bimbel

5 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris tanpa Bimbel
5 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris tanpa Bimbel

Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa Internasional yang digunakan hampir di seluruh Dunia,faktor sejarah dari kerajaan Inggris sendiri yang mempunyai wilayah bekas jajahan cukup luas serta penggunaan kosa kata yang lebih mudah dilafalkan dan dipelajari menjadikan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional.

Beberapa negara di Asia seperti Malaysia dan India bahkan sudah menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua di negara mereka,lalu apakah kita juga bisa lancar memperlajarinya? bila kita mau belajar pasti kita bisa.
Namun sebagian besar orang di Indonesia masih kesulitan untuk mempelajari bahasa inggris,hal ini karena faktor pembelajaran di sekolah masih terlalu membahas topik-topik dasar dan hanya bersifat sebagai formalitas untuk memenuhi kewajiban belajar mengajar.

Sedangkan biaya untuk bimbel ataupun kursurs bagi sebagian orang masih terasa mahal dan tidak semua orang memiliki biaya yang cukup. 

Oleh karena itu disini saya akan membagikan Tips Lancar Berbahasa Inggris tanpa Bimbel.

Cara Belajar Menghafal Bahasa Inggris dengan Mudah
Berikut ini beberapa tips belajar bahasa inggris secara otodidak,tanpa bimbel atau kursus yang bisa anda praktekan :

1. Belajar Melalui Blog/Web

Kemajuan teknologi khususnya internet tentu membawa banyak manfaat positif,salah satunya dengan lebih mudahnya penyebaran ilmu dan pembelajaran dalam berbagai bidang. Banyak berhadiran web dan blog yang membahas tentang pelajaran atau ilmu pendidikan khususnya bahasa inggris.

Di nternet sendiri ada banyak situs yang bisa anda gunakan sebagai sumber pembelajaran tentang bahasa inggris seperti Openculture.com ,Memrise,con ,LearnaLanguage.com ,Hinativ.com ,Duolingo.com dan masih banyak lagi.

Hanya bermodalkan koneksi internet anda sudah bisa belajar tanpa perlu pergi ke bimbel,anda bisa lebih menghemat pengeluaran.

2. Belajar di Channel YouTube Edukasi Bahasa Inggris

Perkembangan ekosistem youtube kini sudah semakin besar,dari yang awalnya hanya berisi video bersifat hiburan seperti video-video parodi. 

Kini sudah semakin berkembang menjadi berbagai jenis topik video seperti kuliner,musik,otomotif,teknologi,vlogging bahkan edukasi.

Tak terkecuali video-video edukasi tentang cara belajar bahasa inggris yang banyak peminatnya di YouTube juga sudah semakin banyak,sebut saja channel Gita Savitri Devi yaitu seorang influencer yang cukup populer di kalangan anak muda,di channelnya tersebut wanita yang biasa di panggil Gita Sav ini cukup seering membagikan konten bersifat edukasi untuk mengajarkan bagaimana memulai untuk belajar bahasa inggris dengan mudah dan benar.

Ada juga channel dari Kampung Inggris LC yaitu kanal resmi dari Kampung Inggris Pare,ya benar.. sebuah desa yang sehari-harinya sudah terbiasa menggunakan bahasa inggris.

Kampung Pake cukup menjadi fenomena tersendiri di Indonesia. Karena para pemuda disana dan warga lainnya sudah mulai terbuka dan mau belajar bahasa inggris.
Dengan tujuan utama mereka untuk menyebarkan edukasi,Kampung Inggris Pare juga sudah mengembangkan jaringan pembelajaran mereka melalui YouTube. 

Di channel resmi mereka,Kampung Pare sering membagikan tips-tips belajar bahsa inggris serta pembahasan seputar verb.grammar,tenses dll secara lengkap dan mendalam.
Selain itu,ada juga bule-bule yang membuat channel membahas seputar bahasa inggris seperti guruku Mr D atau Sacha Stevenson . 

Bila anda bingung mau belajar di channel youtube mana saja silahkan cek artikel berikut untuk mengetahui Daftar 3 Channel YouTube Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris.

3. Belajar Bahasa Inggris Melalui Game

Industri Gaming cukup berkembang pesat di era modern ini,banyaknya teknologi pendukung untuk bermain game seperti Console,Laptop atau Komputer memudahkan orang-orang untuk mencari hiburan melalui Game.

Khususnya anak mudah jaman sekarang yang cukup menggandrungi game,karena kini gaming sudah tidak hanya menjadi sebuah sarana hiburan tapi juga menjadi sarana industri bahkan E-Sport. Dan mayoritas game yang dibuat pasti menggunakan bahasa inggris sebagai basic languange karena memang ini merupakan bahasa internasional.

Melalui game,kita bisa sedikit demi sedikit mulai terbiasa menggunakan bahasa inggris,seperti dengan memahami arti dari nama-nama tools,menu pemainan atau hal lain di dalamnya.. misal di dalam aplikasi game ada kata Setting anda bisa mulai mencari apa arti dari kata tersebut,ketika anda menemukan kata Controls,Player,Multiplayer,Fight dll anda bisa mencoba mencari artinya melalui kamus atau Google. Dari situ anda bisa memahami sedikit demi sedikit kata-kata yang biasa digunakan di game atau bahasa inggris paling dasar untuk digunakan.

Beberapa jenis permainan online seperti Mobile Legend,PUBG,Point Blank dan lainnya memungkinkan pemain di dalamnya untuk saling beinteraksi melalui  Chat atau bahkan Voice Chat. Bukan hanya untuk pemain yang berasal dari satu negara yang sama,anda juga memiliki kemungkinan untuk bertemu pemain asing dari berbagai belahan dunia. 

Dari situ anda bisa belajar sedikit demi sedikit berkomunikasi dengan bahasa inggris sehingga anda akan terbiasa menggunakan kosa kata English dan bisa mulai paham/lancar untuk berbahasa inggris.

4. Belajar Bahasa Inggris dari Lirik Lagu

Setiap orang pasti memiliki lagu favorit mereka masing-masing,entah mereka yang suka musik rock,pop,blues,folk,jazz atau genre musik lainnya. Dan diantara banyaknya lagu kesukaan anda pasti akan ada satu lagu yang menggunakan bahasa inggris.
Sebuah lagu merupakan bentuk perwujudan dari praktek penggunaan bahasa inggris yang sudah meliputi hal-hal dasar seperti verb,sentences,grammar dan lainnya. Anda bisa mencari di Internet terjemahan bahasa indonesia dari lagu barat kesukaan anda.

Atau yang paling efektif adalah menonton video yang menampilkan lirik lagu dan terjemahan bahasa indonesianya melalui youtube. Dengan cara ini anda akan mendengar kata-kata dengan bahasa inggris dan langsung membaca apa arti/terjemahannya. 

Sehingga ini akan melatih anda ketika berkomunikasi secara langsung dengan seseorang.

Karena ketika kita berkomunikasi dengan bahasa inggris pasti kita harus segera mengartikan setiap kata yang terdengar ketika lawan bicara kita sedang berbicara. Sama ketika melihat video lirik lagu beserta terjemahannya,seketika lagu dimulai dan kita mendengar lirik-liriknya kita juga akan langsung membaca setiap terjemahannya.

5. Belajar Bahasa Inggris dari Film

Anda juga bisa mempelajari bahasa inggris hanya dengan menonton film,ya benar !! menonton film. Mungkin sekilas anda akan berpikiran " menonton film kan bersifat hiburan,bahkan cenderung membuang waktu.. mana mungkin kita bisa belajar bahasa inggris dengan menonton film"
Ya benar,kita memang tidak akan benar-benar belajar bahasa inggris melalui film bagaikan menonton video youtube,karena tidak mungkin ada yang membuat  film " cara belajar bahasa inggris" . 

Namun yang dimaksud mempelajari bahasa inggris melalui film adalah penerapan metode yang sama seperti di poin nomor 4 yang memanfaatkan lirik lagu,namun dengan media yang sama yaitu film.

Ketika menonton film kita akan terbiasa untuk mendengar dan mengartikan secara cepat,dimana hal tersebut cocok sekali kita praktekan karena akan sangat berguna bila kita menggunakannya di dalam percakapan sesungguhnya.

Setiap film barat pasti akan disertakan subtitle versi Indonesianya,jadi setiap pemeran film berdialog maka akan ada subtitle sebagai terjemahan dari kata-kata yang mereka ucapkan. Tentu ini akan melatih anda secara tidak langsung agar bisa mengartikan suatu kalimat bahasa inggris yang diucapkan oleh orang lain.

Penutup
Itulah pembahasan tentang 5 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris tanpa Bimbel yang bisa saya bagikan. Semoga bisa membantu anda semua yang sangat ingin belajar dan menguasai bahasa inggris dengan cepat.

Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris tanpa Bimbel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel