Tumbuhan Hijau dan Proses Foto Sintesis

  1. Tumbuhan hijau dapat membuat makanan sendiri karena mempunyai klorofil atau zat hijau daun. 
  2. Zat hijau daun atau klorofil terdapat pada kloroplas. 
  3. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya matahari. 
  4. Untuk membuat makanannya (fotosintesis), tumbuhan memerlukan air dan garam mineral, karbon dioksida, dan energi cahaya matahari. 
  5. Fotosintesis menghasilkan karbohidrat dan oksigen. 
  6. Energi cahaya matahari digunakan oleh klorofil untuk mengubah gas karbon dioksida, air, dan garam mineral menjadi karbohidrat dan oksigen. 
  7. Hasil fotosintesis berupa karbohidrat, digunakan untuk tumbuh (hidup dan berkembang) dan sebagian disimpan sebagai cadangan makanan di dalam umbi, akar, batang, daun, biji, dan buah.
  8. Reaksi fotosintesis sebagai berikut.   
  9. Cadangan makanan pada tumbuhan digunakan manusia dan hewan untuk sumber energi dan makanan guna menjaga kelangsungan hidupnya. 
  10. Tumbuhan hijau diperlukan manusia untuk sumber makanan, bahan sandang, obat-obatan, peralatan rumah tangga, dan penyedap rasa. 
  11. Manfaat lain dari tumbuhan, di antaranya sebagai berikut. Memperindah lingkungan. Menghindari erosi, tanah longsor, dan banjir. Menjadi tempat hidup bagi makhluk hidup lain di bumi. Sebagai sumber oksigen yang dibutuhkan untuk pernapasan makhluk hidup. Sebagai bahan baku industri, di antaranya industri kertas, kosmetik, obat-obatan, peralatan rumah tangga, dan tekstil.Menghasilkan kayu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Sebagai paru-paru dunia. Sebagai bahan penyedap rasa pada masakan. Sebagai bahan makanan dan minuman.



Belum ada Komentar untuk "Tumbuhan Hijau dan Proses Foto Sintesis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel