Rencana Mengajar Dokumen Dengan Gaya Bahasa Santai Sebagai Pengganti RPP

Rencana Mengajar Dokumen Dengan Gaya Bahasa Santai Sebagai Pengganti RPP

Gurune.net - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Kalimat tersebut sudah melekat erat oleh seorang guru. RPP atau sering disebut dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sudah di sampaikan sejak di bangku perkuliahan khususnya jurusan keguruan. RPP adalah dokumen wajib yang harus dibuat oleh seorang guru. Dokumen ini kadang membuat sebagian guru pusing dikala harus menyiapkan setiap harinya. Alhasil banyak guru yang mencari master RPP di Internet atau dari teman - temanya. 

Tinggal eksekusi dengan cara editing selesai sudah, kelemahan dari cara ini kadang hanya dijadikan untuk menggugurkan kewajiban melengkapi administrasi. Tidak masalah memang itu kebutuhan wajib yang harus dimiliki guru. 

Sebenarnya jika RPP dibuat dengan benar dan sungguh-sungguh akan sangat memudahkan seorang guru dalam mengajar dikelas. Seorang guru sekolah dasar akan sangat terbantu jika dalam pembuatan RPP dikerjakan dengan penuh strategi yang diharapkan oleh pembuatnya. 

Keuntunganya guru akan benar - benar menguasai materi ajar, menguasai penuh urutan dalam mengajar, mengetahui apa saja yang harus ditampilkan, sudah tersedia soal sebagai bahan evaluasi.

Tapi yang paling malas dalam pembuatan ini sebenranya adalah ketentuan formatnya kadang terlalu bertele-tele dan tidak simpel. Gurune berdasarkan pengalaman tetap membuat RPP karena wajib akan tetapi untuk memudahkan mengajar gurune biasa membuat dokumen tambahan yang lebih santai dan benar - benar mudah.

Gurune biasa membuat Rencana Mengajar ( RM ) 
cukup dengan sebuah lembar kertas catatan yang berisi rencana yang akan gurune lakukan satu hari itu. Apalagi gurune adalah guru kelas. Didalam catatan ini malah justru lengkap sebab tidak terkena aturan baku seperti RPP. 

Apa saja si isi dari RM ?

RM yang gurune buat bukan dokumen resmi akan tetapi catatan bantu sebagai program kerja yang ditulis santai didalam kertas atau note dalam smartphone yang isinya.

Urutan kegiatan selama satu hari dikelas
Kegiatan apa saja yang akan dilakukan pasti sudah ada gambaran jadi bisa diprogramkan satu hari sebelum mengajar dan bisa juga dipagi harinya sebelum mengajar, tapi paling bagus satu hari sebelumnya sob jadi kita bisa menyiapkan apa yang akan dipakai atau di tampilkan saat esok mengajar . Tulis semua yang menjadi jadwal kegiatan hari itu secara urut. Dengan bahasa santai dan tulisan acak kadutpun tak masalah sebab ini dokumen pribadi.


Langkah -langkah mengajar 
bagian ini kita tulis santai saja sob. Tidak usah terlalu kaku akan tetapi kita tulis sesuai keinginan kita, tapi untuk materi harus sesuai dengan silabus yang ada.
jangan bertele - tele dalam mencatatnya boleh garis besar dalam mengajar saja. 

Semisal gurune contohkan kegiatan pertama apersepsi. " menampilkan Vidio Film pendek kisah anak yang berjuang untuk adiknya " lha tulis aja seperti itu sob.

Sebagai pendukung mengajar esok berarti vidio tersebut harus disiapkan dulu di laptop sobat tentunya. 

Semisal kegiatan berikutnya " Menceritakan hikmah vidio tersebut sebagi motivasi " maka sobat bisa berangan - angan dengan menyiapakan apa yang akan sobat sampaikan saat sesi ini. Kata - kata apa yang dapat memotivasi anak saat kegiatan ini.

Semua ditulis santai akan tetapi jangan sampai keluar dari jalur yang ditentukan, materi dan lainya harus sesuai SK,KD yang dijadwalkan dan sesuai silabus yang ada. Cuma perbedaanya tulisan dalam RM tidak dibuat seperti RPP, tulisan RM dibuat dengan gaya bahasa sendiri boleh juga dengan bahasa daerah masing-masing yang penting mudah di mengerti dan dipahami.

Catatan ini dibuat runtut dari pagi atau awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran. 

Siapkan Soal dan Kunci Jawaban
Bagian ini boleh diketik di laptop, dibuat dengan cara game aplikasi dan apapun kreativitas gurune, bahkan supaya menarik bolehlah sobat rekam pertanyaan dalam bentuk vidio jadi pertanyaan dengan menampilakan vidio. 

Yang umum soal dan kunci jawaban dibuat dalam bentuk lembar kertas. Soal dan kunci jawaban  boleh digandakan sehingga akan memudahkan siswa. Kegiatan ini wajib dilakukan. Mengapa soal perlu disiapkan sendiri? karena gurulah yang tau apa yang diharapkan dalam pembelajaran satu hari itu. Sebagian besar guru biasanya menggunakan LKS hasil membeli dari penjual buku yang kadang isinya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, tapi tetap dipaksakan di jejalkan kesiswa alhasil hanya sekedar menggugurkan kegiatan mengerjakan soal saja tanpa memikirkan sudah seuai SK,KD,ID atau belum. 

Catatan Penanganan Siswa
Dalam RM juga kita harus punya misi untuk anak dalam urusan penangan anak, semisal dalam kelas tersebut ada anak yang istimewa dengan maksud istimewa dengan tanda petik. Maka selayaknya seorang guru harus mengetahui dan merencanakan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi anak istimewa ini dengan strategi yang terprogram.

Rencana Mengajar ( RM ) pada dasarnya adalah catatan santai untuk program satu hari mengajar dikelas khusus untuk guru kelas. Rencana Mengajar dibuat dengan penuh strategi dan angan - angan, RM dibuat dengan bahasa yang mudah dicerna dan tidak kaku. Rm tidak harus panjang cukup garis besar yang akan disampaikan esok harinya saja sangatlah cukup. Sebetulnya catatan ini mirip catatan kecil berisi informasi yang akan disampaikan saat seseorang akan berceramah, pidato atau khotbah.

Selanjutnya kita dalam mengajar tinggal menguraikan saja dari catatan tersebut. Dan angan - angan apa saja yang akan dilakukan sudah tercover semua didalamnya. 

Rencana Mengajar bukan dokumen resmi, dokumen resmi adalah RPP. Saran saja jika mau membuat RM maka RPP siapkan diawal bolehlah edit sana sini dari file download gamasalah. Intinya kita punya dokumen tersebut sebagai kewajiban seorang guru melengkapi dokumen. Tetapi untuk memudahkan mengajar menggunakan Rencana Mengajar yang kita buat dengan penuh strategi dan gaya bahasa yang santai, mudah dipahami disaat dibuka ulang dikelas.

Sebagus apapun dokumen adalah dokumen yang benar-benar berguna dan bisa menambah nilai positif. Dan sobat bisa deh buat cara apapun sesuai kreatifitas sobat guru semua. Intinya biar kita mudah dalam bekerja esoknya kita rencanakan, itu intinya. Tetapi dalam merencanakan buatlah yang santai, karena ini rencana yang belum pasti. Sebab esoknya belum tau akan seperti apa kenyataanya. ok sob itu hanya sekedar berbagi pengalaman saja. semoga bermanfaat
Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Rencana Mengajar Dokumen Dengan Gaya Bahasa Santai Sebagai Pengganti RPP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel