Guru Yang Hebat Adalah Yang Menginspirasi

The great teacher inspire - gurune.net

Gurune.net - Apa yang di utarakan oleh william Arthur Ward memang benar adanya bahwa untuk bercerita, menerangkan materi, dan mendemonstrasikan setiap guru mampu, tapi yang paling hebat dari seorang guru adalah jika dia bisa menginspirasi. Inspirasi bagi anak didiknya, rekan kerjanya bahkan masyarakat secara luas.

Tidak lama lagi 3 kemampuan guru diatas seperti bercerita, menjelaskan materi, mendemonstrasikan akan bisa digantikan oleh teknologi canggih seperti sekarang ini. Akan tetapi sosok yang bisa mengilhami anak didik tidak akan bisa digantikan oleh mesin canggih bahkan sekelas robot cerdas apapun. 

Maka Selayaknyalah seorang guru harus menjadi guru yang hebat yang mampu menginspirasi untuk siswanya.

Inspirasi tidak akan datang begitu saja, seorang anak akan terispirasi dari seorang gurunya setelah mereka mengamati,melihat, mendengar dan timbulah keinginan untuk meniru dan mencotoh dari sosok yang mereka ilhami. Yaitu sosok guru inspirasi mereka.

Butuh kesabaran, kerelaan, dan kemudahan dalam mengajar dan mendidik anak-anak bangsa untuk mencapai tingkatan " Inspiring Teacher "

Tingkatan Guru Berdasarkan Penilaian Anak

Anak bisa mengamati, anak bisa menilai dan menyimpulkan. Berdasarkan penilaian anak terhadap gurunya mereka membagi guru menjadi 4 type tingkatan antara lain :

1. Guru yang di benci
2. Guru yang biasa saja
3. Guru yang di senangi
4. Guru yang menginspirasi

Tingkatan guru ini memang ada, penyebabnya banyak guru yang cepat emosi, terlihat malas, seenaknya dikelas dan sikap negatif lainya menyebabkan sosok guru seperti ini menjadi type guru yang dibenci oleh anak didik. 

Guru yang biasa saja yaitu guru yang pola kerjanya hanya menerapkan prinspip kerja memenuhi hak dan kewajiban semata, apa yang mereka kerjaan seolah biasa saja seperti pekerjaan lainya. Datar terhadap anak, apa adnya dalam menyampaikan, dan standar dalam pelayanan terhadap siswanya dikelas. Sosok guru seperti ini sangat umum. Mereka bekerja hanya menggugurkan kewajiban. Target semata - mata hanyalah nilai dan nilai, jelas dan tidak jelas dari sebuah materi saja. Tanpa ada bumbu inspiratif lainya saat berlangsungnya pembelajaran.

Guru yang disenangi siswa adalah sosok guru yang humoris, dekat, senang memanjakan siswa dan sikap menyenangkan lainya. Sosok guru ini adalah sosok guru yang disukai anak, tapi sosok ini belum tentu dijadikan inspirasi oleh anaknya, akan tetapi guru seperti ini sering dinantikan anak. Anak senang didalam kelas jika bertemu sosok guru menyenangkan seperti ini. Biasanya suasana kelas yang diisi sosok seperti ini akan ramai dan riuh dengan tawa. Dampak negatif jika berlebihan yaitu menyebabkan kewibawaan guru dihadapan siswanya akan turun. Efeknya siswa akan cenderung menyepelekan tugas - tugas dari guru tersebut

Guru yang dijadikan Inspiratisi bagi siswanya yaitu guru yang serba bisa baik dalam mengajar maupun mendidik. Guru yang penuh semangat dan totalitas mengajar di dalam kelasnya. Guru yang penuh candaan tapi dengan batasan, guru yang mempunyai mutu mengjar tinggi dan menunjukan sosok guru cerdas dan mampu memberikan solusi atas permasalahan didalam kelas, sosok guru yang mempunyai banyak cerita inspirasi yang dialami oleh dirinya sendiri. Dan guru yang sangat mampu meneladani dari berbagai segi karakter. Sosok seperti ini biasanya paling disukai, dinanti dan cenderung anak akan mencontoh kebiasan mereka. Tak jarang anak akan menceritakan sosok tersebut kepada orang tua mereka. Sosok yang di segani dan sangat memotivasi bagi siswanya sehingga mampu mengubah pola belajar kearah yang lebih baik, mendorong anak ingin menujukan keahlianya dan prestasinya kepada guru tersebut.

Kisah Inspiratif.
Pernah gurune melihat kiasah seorang guru di Thailand, beliau melihat ada sosok anak yang super nakal di sekolahnya. Disaat semua guru lain membencinya, justru satu - satunya guru hanya beliau yang ingin mendekatinya. Datanglah sosok ini ketika gurulain memarahinya, dia rangkul dan bawa anak tersebut. Saat guru lain menghukumnya dia lindungi dan dibelakang dia beri pengarahan. Suatu ketika saat kelas kosong tanpa guru, sosok ini hadir dikelas si anak nakal tadi, semua terheran sosok guru tersebut justru menyuruh sosok anak yang nakal tadi untuk mengajar di depan kelas menggnatikan gurunya yang berhalangan hadir. Alangkah kagetnya sianak. Setelah bertahun - tahun sianak nakal ini mendapat nasihat dari guru tadi tanpa sadar semua melekat dalam pikiranya. Majulah sianak nakal tersebut, apa yang terjadi anak tersebut bisa menerangkan apa yang menjadi materi di hari itu... tak sampai disitu anak tersebut sangat bertanggung jawab atas beban yang di berikan guru tadi satu persatu teman dikelasnya dia dekati, dengan sabar anak nakal tadi mengajarkan materi kesetiap anak yang tidak bisa. Disinilah rasa tanggung jawab tumbuh tanpa disadari,berawal dari keteladanan dan nasihat serta contoh sosok yang penuh kesabaran dan mempunyai pemikiran lain dari guru pada umunya. Waktu berganti, guru tersebut berpindah tugas dan pertemuan sianak dan guru tersebut berakhir, singkat cerita setelah 20 th lamanya mereka dipertemukan lagi dalam sebuah acara pelatihan yang didalamnya diwakili masing - masing guru teladan disetiap daerah. Anak tersebut yang sudah menjadi guru terpilih mewakili daerahnya.Tanpa disengaja mereka bertemu dalam satu tempat yang sama. Sosok guru yang merubah dirinya dari sosok nakal menjadi sosok yang bertanggung jawab dan merubah semua tentang dirinya justru mengantarkan nasib anak tersebut menjadi seorang guru. Inspirasi guru tadi melekat erat didalam hatinya. Hal yang paling mengharukan adalah ketika guru tadi bertemu anak tersebut sama - sama sudah menjadi seorang guru, betapa harunya guru tadi melihat kesuksesan anak yang dulu nakal kini menjadi anak yang baik tumbuh dewasa menjadi seorang guru dari sebuah inspirasi sederhana yang dicontohkan tanpa sadar. Inspirasi berupa kebaikan, kesabaran dan kemudahan yang diberikan kepada anak spesial tadi tertanam erat dalam diri anak tersebut. Haru biru menyelimuti suasana anak tersebut, ketika sekian lama tidak bertemu, akhirnya dipertemukan sosok yang menjadi inspirasinya tadi. 

Kisah tadi menjadi contoh buat kita semua. Bahwa kadang sebuah isnpirasi yang akan mampu membawa kesuksesan anak didik kita. Bahkan kadang mereka akan lebih suskses dari sosok guru inspiratif mereka.

Tanpa kesuksesan seorang anak tanpa melalui peran seorang guru. Banyak guru yang mengantarkan anaknya menjadi sosok hebat berawal dari inpirasi yang di contohkan guru tersebut.

Di Indonesia banyak kisah - kisah guru yang bisa dijadikan contoh. baik untuk siswanya maupun rekan  - rekan gurulain di negeri ini. 

Apa saja yang disampaikan sosok guru inspiratif dikelas.

Kadang mengajar saja secara umum tidak cukup untuk bisa dijadikan siswa menajadi inspirasi bagi mereka. Tapi mengajar dengan penuh kesabaran, dan mengjar dengan hatilah yang akan menginspirasi mereka.

Kadang siswa akan sangat antusias dan melihat sosok yang sangat cerdas ketika melihat sosok guru yang menerangkan penuh semangat, penuh penguasaan dalam materi tanpa teks atau buku ditanganya, guru menjelaskan dengan berbagai media yang membuat mereka betah dan asyik penuh konsentrasi dan menikmati apa yang disampaikan juga bisa menjadi salah satu inspirasi tentang kecerdasan sosok guru.

Mengajar dengan dengan penuh kedekatan dan perhatian kesetiap siswa secara total tanpa aktifitas lain yang membuat siswa terganggu. Siswa merasa mendapat perhatian yang luar biasa. Seolah seperti sedang mendapatkan perhatian dari sosok ibu atau ayahnya juga bisa menginspirasi bagi anak didik.
Maka simpanlah dulu smart phone sobat saat mengajar, jangan kau duakan anak didik sobat didalam kelas dengan mendahulukan smart phone sobat dari mereka. Sebab mereka tahu, melihat mengamati dan mendengar.... Tak ada yang rela jika di nomer duakan, mereka butuh perhatian lebih. Buanglah rasa malas sobat saat didepan mereka, berikan pelayanan terbaik kepada mereka, hilangkan kesan hanya menggugurkan kewajiban saja saat mengajar....berilah perhatian istimewa untuk mereka.
maka jangn heran suatu saat nanti saat mereka sukses, mereka akan mencari sosok guru inspirasi tadi dikala mereka sudah tumbuh dewasa.

Jika sobat guru mempunyai cerita penuh inspiratif dimasa kecilnya atau kisah inspiratif lain tentang diri sobat, ceritakan saja , lepas saja. Siswa akan sangat antusias mendengarkan kisah - kisah tadi di sela materi ajar. Bahkan gurune yakin jika kisah sobat yang penuh inspirasi tadi sobat ceritakan dengan penuh penghayatan maka mereka akan terngiang terus. Kisah tadi akan di ingat dan terus diingat, bisa jadi dengan cerita inspiratif tadi akan membawa anak ke arah kesuksesan karena termotivasi ingin meniru sosok guru idamanya.

Inspirasi Dalam Karakter Seorang Guru
Karakter yang baik, penuh kesabaran, keihlasan, dan penuh kasih sayang, rajin dan taat dalam ibadahnya akan mendorong anak meniru dan karakter positif tersebut sangat - sangat menginspiratif, sebab anak melihat dan akan meniru dari sosok yang menajdi panutan bagi mereka. 

Jangan tunjukan sikap negatif dihadapan anak jika memang sobat seorang guru. Tunjukan sifat positif dan tutupi apa sifat jelek sobat dengan serapat - rapatnya jangan sampai diketahui anak didik sobat. Jika tidak hal negatif tersebut juga bisa mereka tiru.

Seorang anak akan ikut rajin beribadah dirumah setelah melihat sosok guru agama dan guru lainya mencontohkan untuk taat dan patuh dalam ibadahnya ketika di sekolah.

Seorang anak akan rajin berlatih dalam olahraga dan berusaha berprestasi dalam bidang olahraga ketika sosok guru olahraga di sekolahnya dengan penuh semangat memberikan contoh dan melatihnya tanpa lelah.

Seorang anak berusaha membuat sebuah lukisan yang sangat bagus setelah melihat contoh lukisan guru tersebut ditampilkan didepan kelas,

Seorang anak anak nakal berubah menjadi baik ketika sosok guru yang baik hadir di hadapan mereka, mejadi sosok yang dekat, menjadi sosok yang mau mendengar keluh kesahnya, dan sosok yang mampu memberikan solusi dan motivasi.

Jadilah sosok guru yang hebat sob, yang akan mampu menginspirasi bagi anak-anak didik kita.

Jadilah sosok guru yang jujur sob, yang akan membawa perubahan di kemudian hari dan menjadikan negeri ini menjadi negeri yang penuh dengan pemimpin yang jujur dan amanah dari inspirasi yang kita tanamnkan dari sekarang.

Apa yang kita contohkan hari ini, kita ajarkan, dan berikan semua kepada anak didik kita, maka akan terlihat hasilnya dikemudian hari. Teruslah menjadi sosok guru inspiratif " Inspiring Teacher ".

Apakah Sobat Guru Punya Inspirasi yang mengatarkan sobat menjadi seorang guru??

Apakah Sobat pembaca mempunyai sosok guru yang penuh inspiratif sehingga mengantarkan sobat pembaca suskses seperti sekarang ini??




2 Komentar untuk "Guru Yang Hebat Adalah Yang Menginspirasi"

  1. Guru yang menginspirasiku jaman SD itu pas aku kelas 6. Beliau seroang wanita, masih single, rumahnya di Kemangkon. Dengan semangat beliau mengajar dan tidak pernah datang terlambat, padahal beliau belum mempunyai kendaraan bermotor waktu itu.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel