Guru Inspiratif Dari Kota Surabaya Jawa Timur

Roro Martiningsih Bersama Walikota Surabaya Bu Risma
Gurune.net - Guru Inspiratif kali ini datang dari Kota Pahlawan yaitu Surabaya Jawa Timur. Sosok Guru yang satu ini memang layak menjadi sosok inspiratif yang perlu kita tampilkan. Berbagai penghargaan tingkat daerah maupun Nasional, Karya - karyanya di dunia pendidikan dan Kiprahnya yang sangat banyak untuk pendidikan di kota surabaya sendiri sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Sosok Guru Inspiratif kali ini bernama Roro Martiningsih. Gurune akan persilahkan buroro perkenalan sendiri ya sob. Monggo bu Roro..! gurune persilahkan berkenalan sendiri..!

"Ok pak saya akan kenalkan diri saya dulu" saut buroro kepada gurune

"Assalamualaikum, salam kenal, saya Roro Martiningsih, guru SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Tahun 2013 saya adalah juara 1 guru prestasi kota Surabaya,  dan tahun 2014 saya juri guru prestasi kota Surabaya. Tahun 2011 saya  menjadi finalis kompetisi writting internasional yang diadakan oleh penerbit kamus internasional. Longman Asia Ltd. Saya pernah menjadi juara Inobel tahun 2010, tahun 2017 saya menjadi juara 1 Duta Rumah Belajar Nasional. Tahun 2018 saya terpilih sebagai Duta Microsoft Indonesia dan terpilih sebagai Microsoft Inovative Educator Expert dan mempresentasikan proyek saya di Singapura. Saya adalah penulis buku Pembelajaran Abad 21 yg diterbitkan oleh Pustekkom Kemendikbud. Penulis buku Sekolah Bintang yang diterbutkan oleh PWM. Selain itu, saya aktif menulis di jurnal ilmiah Teknodik dan Kwangsan milik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan".

Wah wah lengkap banget ya sob perkenalanya. Salut deh buat Guru Inspiratif kali ini semoga menjadi inspirasi buat kita semua. Kalau sempet.... berkunjung lah ke chanel youtub nya "kepoin" aja di sana, banyak karya vidio pembelajaran yang telah dibuat olehnya. Vidionya Ber episode - episode. Kalau linknya dibagikan disini panjang banget takut sampai bawah malah ga kebaca hehe. 

Lanjut ya sob....!

Sedangkan  Karya tulis yang telah terpublikasikan oleh Guru Inspiratif kali diantaranya adalah:

" Bagaimana Meraih Kesuksesan? (2007). Kiat Sukses UN (2007). Tahun Ajaran Baru Cara Belajar Baru (2007). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Al Muslim Sidoarjo Sebelum dan Sesudah Pembelajaran dengan Mempergunakan TVE (2007). Persepsi dan Penyikapan Peserta Didik SD Al Muslim Sidoarjo terhadap Pemanfaatan Siaran Televisi Edukasi dalam Pembelajaran (2007). Bagaimana Belajar Bahasa Inggris yang Mudah (2007). Persepsi dan Penyikapan Peserta Didik serta Guru SD Al Muslim Sidoarjo terhadap Pemanfaatan TVE dalam Pembelajaran (2007). Apa itu E learning? (2007). Berhitung Banyak Angka Yang Mudah (2008). Keajaiban di Balik Perhitungan Matematika (2008), Seputar Sertifikasi Guru (2008). Persepsi dan Penyikapan Orang Tua Terhadap Siaran Televisi Edukasi (2008). Mengapa Kebiasaan Membaca Masih Belum Berkembang? (2008). Pemanfaatan Siaran TVE dalam Pembelajaran (2009). Pemanfaatan Internet dalam Kegiatan Pembelajaran di SMP Al Muslim Sidoarjo (2009). Pembelajaran Lewat Siaran Televisi Edukasi (2009). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Bilangan Prima  Siswa Kelas V SD Al Muslim Sidoarjo Melalui Pembelajaran dengan VCD Pembelajaran (2009). Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan (2009). Belajar Bahasa Inggris Mudah Banget (2010). Pembelajaran Melalui Siaran TVE (2010). Pengembangan Media Belajar Matematika dengan Pendekatan ICT (2011). Potensi Televisi sebagai Media Pendidikan Karakter (2011). Media Pendidikan Karakter (2011). Televisi sebagai Media Pendidikan Karakter (2012). Menyikapi Perubahan Kurikulum. (2013). Peningkatan Prestasi Belajar Himpunan Melalui Penggunaan Portal Rumah Belajar (2013). Peningkatan Hasil Belajar Pola Bilangan dengan Aplikasi iSpring (2014). Pengembangan RPP Kurikulum 2013 Terintegrasi Televisi Edukasi (2014). Perbedaan Prestasi Belajar PKn Sebelum dan Sesudah Mempergunakan Media Kartu Domino dalam Pembelajaran di Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Surabaya (2015). Efektifitas Pemanfaatan MS Excel dalam Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya (2015) Peningkatan Hasil Belajar Himpunan dengan Menggunakan Aplikasi Ispring Suite 8 (2018). Buku yang pernah saya tulis adalah Sekolah Bintang (2015), aku Bangga Jadi Guru (2018), Pembelajaran Abad 21 (2018) "

Wuih keren kan sob, mana karyamu sebagi guru ?kasih mimin sini biar gurune rilis kaya beliau hehe.



Dah panjang ya sob profilnya, kali ini gurune mau menulis hasil diskusi sama beliau. Ada beberapa pertanyaan yang gurune ajukan kepada beliau.

Menurut bu Roro apakah guru di Indonesia sudah siap menghadapi era revolusi industri 4.0?

Teknologi tidak akan menggantikan guru,tetapi guru yang tidak menggunakan teknologi akan segera ditinggalkan. Guru di Indonesia pasti siap menghadapi 4.0 karena perubahan jaman adalah hal yang tidak bisa dihindari. Secara alamiah guru akan menyesuaikan diri. Walau kemampuan menyesuaikan diri tiap guru berbeda tetapi saya yakin semua mampu setahap demi setahap.

Apa saja yg harus disiapkan oleh guru di Indonesia untuk menghadapi era disrupsi teknologi dimasa mendatang?

Learning and growing together. Never stop learning. Secara alamiah guru akan terus belajar untuk menghadapi era disrupsi teknologi di masa mendatang. Terus belajar dengan jalan menjalin komunikasi, kolaborasi dan networking

Pembelajaran yg seperti apa yang pas dimasa kini untuk menyiapakan kemampuan anak dimasa mendatang?

Pembelajaran berbasis teknologi. Karena anak didik akan menemukan pekerjaan baru di masa mendatang yang sekarang belum ada.

Banyak guru yg memilih zona nyaman, Berikan tips tuk guru-guru kita agar mau terus belajar!

Secara alamiah guru yang berada pada zona nyaman akan ditinggalkan. Hanya yang mampu mengikuti perkembangan jaman , yang mau belajar, yang mau mengembangkan diri, yang mau berkomunikasi, berkolaborasi, dan yang mampu membangin jejaring saja yang akan bertahan.

Kadang mereka tidak semua berfikir seperti itu . Apakah ini menjadi dampak kedepan?

Murid akan berfikir kritis secara alamiah dan akan mengikuti petunjuk guru yg menurut mereka lebih uptude. Murid tidak mau memilih guru yang berada pada zona nyaman. Peserta didik memiliki pemikiran pada masanya yang tentu saja tidak mau guru yg menurut mereka  ketinggalan jaman. Bila guru tidak mau mengikuti jaman tentu saja secara alamiah ditinggalkan. Dampaknya pasti merugikan diri sendiri. Siswa secara alamiah akan mencari tahu lewat internet. Karena dunia sudah ada dalam genggaman. Mereka sudah punya smartphone yang seringkali lebih update daripada punya guru

Jika kita lihat jepang ditingkat dasar masih berkutik pada moral dan karakter,Seberapa penting si pendidikan karakter tuk hadapi  pendidkkan abad 21?

Penting. Karena banyak hal yang tidak bisa dignti dengan teknologi di masa mendatang yaitu karakter. Rasa empati rasa memiliki rasa tanggung jawab dan lainnya tidak bisa diganti oleh teknologi. Dengan pendidikan karakter maka siswa akan bisa memilah mana yang baik dan yang buruk. Pendidikan karakter adalah penyeimbang tumbuhnya teknologi.

Wah panjang juga artikel kali ini. Memang kita sebagai seorang guru harus terus mau mengasah ilmu jangan sampai berhenti di Zona nyaman kalau tidak mau ditinggalkan, Tidak akan tau persaingan dengan negara lain kedepan akan seperti apa, untuk itu tetaplah selalu berkolaborasi dengan orang lain untuk bisa lebih maju. Teknologi terus berkembang akan tetapi jati diri atau karakter harus tetap kuat sebagi wajah Indonesia yang semstinya. 


Luar biasa sosok Guru Inspiratif dari surabaya yang satu ini. Semoga bisa menjadi inspirasi para calon guru dan guru - guru dinegeri ini. Yang lebih utama menjadi teladan dan motivasi buat siswa - siswanya. Salam sukses dari gurune.net. Sukses selalu untuk Roro Martiningsih Sosok Guru Inspiratif dari kota Surabaya.
Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Guru Inspiratif Dari Kota Surabaya Jawa Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel