Sosok Guru Inspiratif dari Bangilan Tuban Jawa Timur


Sosok Guru Inspiratif dari Bangilan Tuban Jawa Timur


Gurune.net – Guru Inspiratif menurut pandangan gurune.net adalah sosok yang mampu menjadi contoh bagi guru lain agar termotivasi untuk mengikuti jejaknya , dan tidak harus sama akan tetapi bisa berprestasi dalam hal apapun selama masih terkait tupoksinya menjadi seorang guru. Guru Inspiratif kali ini dating dari SMP Negeri 2 Bangilan, Prodistik MA Islamiyah Sunnatunnur. Sosok yang satu ini pada bulan April lalu berkesempatan mengikuti kegiatan International “ Microsoft Education Exchance Attending in Paris 2019”. Selain itu beliau juga berhasil mendapatkan penghargaan Certificated paris 2019 Runner up inclusion paris 2019 dan best vlog Microsoft education community 2019. Sosok kali ini bernama Imam Syafi’I yang keseharianya merupakan guru TIK dan Hasta karya di sekolah yang diampunya. Gurune jadi terbayang sosok remaja SMP asal Tangerang yang belum lama ini bisa bobol situs NASA dengan proteksi yang superketat sob, wah wah wah…sekelas SMP Sob. Pembaca : “ Maaf ni ru… Apa si hubungannya Anak SMP tersebut sama pak Imam?” Gurune : “ ntar deh kan belum kelar ni gurune nulis, sabar ya sob kulanjutin dulu”. Ok deh sob ku lanjutkan, ni pak Imam kan Guru TIK  tingkat SMP dan MTS, Sebetulnya gurune mau bertanya sama beliau..jadi sobat –sobat sobat bersabar duluya, hehhe.. ni pertanyaanya. 

Sebagi guru TIK di tingkat SMP/MTS apa si tanggapan pak imam tentang kehebatan anak tersebut? Jika pembinaan di tingkat SMP setara tersebut dan banyak anak di setingkat SMP mampu menguasai hal yang sama seperti Aji si pembobol situs NASA apakah anda ikut bangga?

“ Luar biasa ru, namun peran guru disini sangat dibutuhkan untuk mendampingi tidak hanya sebagi teman belajar saja namun juga harus sebagi “Rule Mode”( Sosok yang bisa menjadi contoh dan teladan bagi siswanya ), Sosok Aji anak SMP yang berhasil mengetahui celah kelemahan NASA sangat luarbiasa karena setelah ada celah disitus NASA dia malah memberitahukan celah tersebut. Inilah wujud Akhlak yang bagus, Karakter jujur setelah berilmu kedepan anak Indonesia harus seperti ini, tidak hanya kemampuan teknologi saja yang digenjot terus akan tetapi harus diimbangi dengan Akhlak yang bagus”

Apakah memang sudah mampu anak sekelas SMP semua diajari hal yang sama pak?

“ Kalau saya pribadi mending belajar yang akan terpakai langsung dalam kehidupan sehari-hari saja, jangan belajar yang susah – susah dulunamun pada akhirnya tidak bisa terpakai atau kalaupun bisa membuat akan kalah bagus dengan program – program yang sudah dibuat oleh perusahaan software kan ya percuma, mending belajar yang sederhana namun bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya siswa suka pelajaran TIK bahkan TIK di tingkat SMP/MTS menjadi salah satu mata pelajaran yang dinantikan dan kebanyakan dari mereka suka dengan materi yang berhubungan dengan desain.” Paham jadinya ya sob, namanya belajar memang harus bertahap dari yang mudah ke yang sulit, dari sederhana ke rumit.

Oya pak Imam materi TIK tentang desain software apa saja yang sudah diajarkan kesiswa atau urutan materinya seperti apa si?

“ Kalau kelas 7 masih pengenalan Ms Offiece pak, sedangkan kelas 8 baru mempelajari Desain Grafis ( CorelDRAW dan Photoshop ) sedangkan kelas 9 sudah masuk ke materi Internet.” Kalau gurune cocok ni, materi desain sob.. sebab gurune juga suka akan materi itu hehehe, sejak mengenal computer sekitar tahun 2000an dulu dan masih menggunakan program “ Lotus 123 heheh dan WS  sampai sekarang sudah bermacam – macam software hanya desain yang paling gurune sukai.”

Lanjut Tanya lagi nipak semoga masih berkenan menjawab pertanyaan gurune …

Menurut pak imam sebagai guru TIK sekaligus sudah menjadi salah satu wakil Indonesia dalam acara “ Microsoft Education Exchance Attending in Paris 2019”. Apakah guru di Indonesia sudah siap menghadapi era revolusi industry 4.0? “ Siap “ jawaban yang singkat padat jelas ya sob…beliau optimis guru di Indonesia sangat siap untuk menghadapi itu.

Apa saja yang harus disiapkan nipak oleh para guru Indonesia untuk menghadapi era revolusi Industri 4,0 ?

Pertama adalah kemamuan yang tinggi untuk terus belajar dan pantang menyerah, mengapa terus belajar sebab pengetahuan akan terus berkembang, tua atau muda tetap seorang guru dan tetap harus bisa menjadi teman belajar anak, jika kita seorang guru berhenti belajar maka sama halnya kita akan mengajarkan ilmu yang itu – itu saja tidak berkembang dan dampaknya bagi generasi berikutnya, maka dari itu guru di Indonesia harus semngat dan terus belajar.”

Kedua Kemauan untuk saling berbagi dan berkolaborasi dengan guru – guru lain sangatlah penting sebab kita tidak bisa berkembang sendiri tanpa berkolaborasi dengan teman yang lain dan kita juga harus bisa menyebar ilmu yang kita miliki untuk bisa kita bagi rata ke rekan –rekan kita sehingga kemampuan guru-guru kita merata dan berkembang.

Ketiga harus memiliki jaringan/ komunitas guru tingkat gugus, kabupaten, nasional dan bahkan Internasional.

Kemampuan/kompetensi yang seperti apa si, yang pas dimasa sekarang untuk menyiapkan anak-anak kita dimasa yang akan dating?

Yang jelas kemampuan dasar dulu yang harus benar-benar dipegang seperti kompetensi pedagogig, professional,social,kepribadian dan ditambah kompetensi atau kemampuan literasi

Terahir nipak, tolong dong berilah tips mengajar kekinian pak?

Tips, ingatlah bahwa tugas guru bukan hanya transformation knowledge, namun juga transformation value, dan dalam hal ini value lebih penting dari pada knowledge, jadi pintar itu baik namun jadi orang baik itu lebih utama. Karena hanya orang baiklah yang bisa diharapkan untuk kemajuan agama, bangsa dan Negara di masa yang akan dating. Mau setinggi apapun peradaban dan kemajuan teknologi, manusia harus tetap menjadi manusia yang mengerti akan tugas dan tujuan hidupnya sebagai manusia.

Itu sob wawancara kami dengan sosok guru inspiratif dari bangilan,tuban. Pak imam tidak hanya berteori saja dalam meberikan tips, dalam kehidupan nyata beliau memang sosok inspiratif yang mau berbagi dengan rekan – rekan guru yang lain. Di kegiatan Rumah Belajar pun beliau juga aktif. Dan gurune yakin jika banyak guru yang terus semngat mengasah ilmunya dan benar – benar mencintai apa yang dikerjakan tentunya menjadi seorang guru yang mampu mendidik dan mengajar dengan penuh dedikasi yang tinggi maka kedepan Indonesia akan memiliki generasi emas dimana tidak hanya kemampuan dalam bidang Ilmu pengetahuan, tekhnologi dan bidang lain yang serupa melainkan yang utama adalah Karakter yang baik, akhlah yang mulia.

Kalau kita sebagai seorang guru memiliki kemampuan dan kemauan untuk saling berbagi maka kedepan tidak aka nada guru yang memiliki rasa paling, ( paling pandai,paling hebat dan sebagainya ) tapi justru akan memiliki rasa “ Saling “ saling berbagi, saling bekerjasama, saling mengisi dan sebagainya. Masa depan negeri ini ada pada guru – guru kita saat ini, pesan dari kami contohlah para inspiratif di dunia pendidikan, contoh semangatnya, pengorbananya, rasa empatinya, kemauanya dan semua yang bisa menjadi contoh dalam hal kebaikan. Kita benar – benar sedang berjuang untuk kebaikan maka benar apa kata pak imam kita harus bisa menjadi “rule mode” untuk siswa – siswi kita. Salam maju dari gurune untuk membangun bangsa ini.








Belum ada Komentar untuk "Sosok Guru Inspiratif dari Bangilan Tuban Jawa Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel