Apa Si Program 7K di Sekolah Dasar ?

gurune.net penerapan program 7K disekolah dasar ( Keamanan, Kebersihan, Keimanan, Kekeluargaan, Kerindangan, Kerapian dan Keindahan )

Gurune.net - Kalau guru Sekolah Dasar pasti tahu program ini. Tulisan 7K yang tercetak tebal dan besar dibaner berisi program ini menjadi pajangan wajib di sekolah - sekolah khususnya Sekolah Dasar di Indonesia. 

Tapi apakah semua tahu tentang program ini.
Apa si program 7K, dan penerapanya bagaimana di Sekolah Dasar?

Kadang sepele ya, tapi penting. Disaat PKKS sering lho sob penilai menayakan dokumen 7K dan Budaya 5S di Sekolah Dasar. iya tidak?

Kali ini gurune akan mencoba membahas tentang program 7K di Sekolah Dasar.

Apa si isi program 7K? program ini dijabarkan dari K No 1 - 7 seperti ini sob. Keamanan, Kebersihan, Keimanan, Kekeluargaan, Kerindangan, Kerapian dan Keindahan.

Kita bahas satu persatu yasob.

1. Keamanan

Maksudnya disini sekolah itu harus bebas dari gangguan keamanan yang bersumber dari dalam sekolah maupun dari luar sekolah. Maka faktor keamanan harus benar-benar diterapkan.

Jika lingkungan sekolah aman, maka kepercayaan walimurid untuk menitipkan anaknya akan tinggi. Jadi faktor ini dinilai sangat penting.

Keamanan adalah faktor utama dan yang paling mendasar sob, aman disini antara lain Aman dalam lingkunganya, aman dari tindak kejahatan, Aman dalam bekerja ( Ks,guru dan karyawan ), siswa bebas dan merasa aman dalam mengeluarkan pendapatnya, dan keamanan lainya yang berada di lingkungan sekolah. 

Pentingnya keamanan maka program 7K yang mendasar ini harus terpenuhi sebagai kebutuhan dasar di Sekolah.

2. Kebersihan

Kebersihan adalah cerminan dari diri, dan faktor terciptanya kesehatan. Jika program kedua ini dijalankan maka akan tercipta lingkungan yang bersih dan berdampak pada kesehatan lingkungan sekolah.

dan penerapanya antara lain. Sekolah harus bebas dari sampah, debu, dan penentu kebersihan lainya, kelas yang bersih dan nyaman sangat penting sebagi tempat utama anak-anak belajar.

Jika semua sudah dijalankan dengan melibatkan seluruh warga sekolah untuk menerapkan program ini maka akan tercipta suasana nyaman, bersih dan sehat.

3. Keimanan

Iman adalah kebutuhan dasar seseorang kepada apa yang di yakinkan. Keimanan dalam ajaran islam berarti percaya kepada Allah SWT. Keimanan dalam beragama berlaku untuk seluruh agama yang ada di Indonesia. 

Jika keimanan dijalankan maka akan tercipta kerukunan beragama di lingkungan sekolah. 

Penerapanya disekolah adalah dalam hal beribadah jika untuk muslim di tekannkan pada pembiasaan sholat dhuha, dhuhur berjamaah, Zakat fitrah, kurban dan lainya. Begitupula untuk agama lain sesuai perintahnya masing-masing.

4. Kekeluargaan

Kekeluargaan adalah dasar dari adanya persatuan yang lebih luas. Kekeluargaan adalah suatu hubungan erat diantara warga sekolah yang merupakan kebutuhan penting agar tercipta suasana rukun dan damai antar warga sekolah.

Adapun penerapanya di sekolah antara lain :
Menjenguk warga sekolah yang sedang sakit, saling memberi dukungan sesama teman, saling membantu jika ada teman yang kesulitan dalam hal tertentu, saling mengayomi sesama warga sekolah dan bagi guru bisa menjadi orangtua disekolahan dengan sikap pengayomanya.

5. Kerindangan

Kerindangan disini adalah suasan lingkungan sekolah yang nyaman dan sejuk dengan berbagai penanataan lingkungan yang asri

penataan taman dan pepohonan dengan rapi menjadikan sekolah terasa menjadi rindang dan nyaman.

Faktor agar suasana menjadi indah dilihat sangatlah penting sebagai faktor kenyamanan hidup dilingkungan sekolah.

6. Kerapian

Faktor dari program keenam berupa kerapian sangat diperlukan untuk kenyaman dan menjadi penentu kedisiplinan dasar.

Rapi dalam berpakaian siswa sesuai aturan, penataan kelas yang rapi, dan semua fasilitas sekolah di seting dengan rapih menjadikan sesuatu hal akan tertata dan terlihat indah.

Maka kerapian sangat penting dan sangat pas dijadikan program dalam program 7K.

7. Keindahan

Keindahan adalah mencakup dari 6 program diatasnya.

pelaksanaanya dengan menciptakan kebersihan,keamanan, keimanan dan kenyaman didalam lingkungan sekolah.

Jika ke enam program diatas tercapai maka akan tercipta keindahan.

Kenyamanan penghuninya akan tercapai.

Suasana belajar, dan bekerja didalamnya akan menjadi maksimal.

Itulah Program 7K yang selayaknya benar-benar harus dijalankan di Sekolah Dasar di seluruh Indonesia.

Jika program ini berhasil dilaksanakan maka akan tercipta suasana sekolah yang kondusif dan menjadi rintisan sekolah ramah anak dan ramah lingkungan.


2 Komentar untuk "Apa Si Program 7K di Sekolah Dasar ?"

  1. Ternyata sekolah juga memiliki program 7K. Kayak semacam Sapta Pesona di tempat-tempat wisata.

    BalasHapus
  2. yabetul maksih atas komendan kunjunganya...segera kunjungi balik

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel