8 Alasan Mengapa Pendidikan di Indonesia Perlu Adanya Revolusi Pembelajaran

7 alasan Mengapa perlu adanya revolusi pembelajaran?

Gurune.net - Revolusi Pembelajaran ( Learning Revolution ) telah dibahas tuntas oleh Gordon dan Dr. Jeannette. Buku yang sangat fenomenal karyanya mampu terjual 30.000 eksemplar habis dalam waktu satu hari.

8 Alasan Perlunya Revolusi Pembelajaran yang akan gurune uraikan disini merujuk pada buku tersebut. 

Dan apa saja 8 alasan utama perlunya  revolusi pembelajaran di Indonesia?

Pertama
Dunia sedang bergerak sangat cepat melalui titik balik sejarah yang amat menentukan. Perubahan demi perubahan terjadi dengan amat cepat pada era teknologi informasi. 

Penguasaan teknologi informasi menjadi prasarat untuk dapat mengikuti arus perubahan yang begitu cepat. Oleh karena itu, proses pembelajaran juga harus mengikuti kecepatan sistem pembelajaran elektronik ( e-learning ).

Kedua
Kita hidup di tengah revolusi yang telah mengubah cara hidup,berkomunikasi, berfikir, dan mencapai kesejahteraan.

Sejak bangun tidur sampai dengan saat tidur kembali, cara hidup kita telah diatur oleh teknologi tercanggih yang belum pernah ada sebelumnya.

Sarapan pagi kita adalah nasi buatan rice cooker yang serba otomatis kan sob..? Kerja keras kita di kantor dibantu oleh komputer, lengkap dengan jaringan dan internet yang siap pakai. Suasana kerja kita dihibur oleh home theater dengan lagu - lagu tempo dulu yang mendayu dayu. Pendek kata, perangkat keras dan lunak televisi, komputer, telepon seluler / smart phone telah mengubah cara berkomunikasi, dan menjadi alat canggih untuk memperoleh informasi.

Ketiga
Revolusi pembelajaran ini akan menentukan cara kita dan anak-anak kita bekerja mencari nafkah dan menikmati hidup secara keseluruhan. Anak-anak kita amat keranjingan dengan cara makan di KFC, dan sangat terbiasa dengan makanan Mie Instan. Cara belajar mereka telah tersambung dengan Internet melalui Smart Phone dan juga memiliki peralatan Komputer Jinjing yang selalu ada di Tas miliknya. 

Anak - anak kita di Indonesia sudah terbiasa dengan searching, chating, dan lainya yang melibatkan kecepatan internet dan mereka bisa terhubung dan berkomunikasi dengan orang dibelahan bumi manapun dengan mudah dan cepat.

Keempat
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, hampir semua hal mungkin dilakukan. Apa yang tidak mungkin dilakukan pada era teknologi informasi sekarang ini?
Transfer uang antar bank dari manapun datangnya hanya memerlukan waktu sekian detik atau paling lama beberapa menit saja. Pembibitan sekarang sudah menggunakan cara jaringan genetik dengan bio teknologi. Bahkan , teknologi cloning telah dapat dilakukan untuk seekor kambing. Akankah kita tetap menjadi manusia purba yang tidak terjamah dengan teknologi canggih, dan tidak peduli dengan revolusi pembelajaran?

Kelima
Masih ada satu dari lima orang yang belum mampu memanfaatkan gelombang perubahan. Meski zaman telah berubah, masih banyak yang tetap dalam kondisi status quo, tidak mengubah paradigma lama dengan paradigma baru dalam kehidupan.

Keenam
Untuk mengimbangi revolusi informasi. Proses perkembangan teknologi informasi yang tidak harus didikuti dengan perubahan pola berfikir dan bertindak yang sejalan. Jika tidak, kemampuannya tidak akan dapat diikuti oleh laju perkembangan teknologi informasi

Kedelapan
Untuk membantu mempelajari segala hal secara lebih cepat. Revolusi pembelajaran, termasuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi , amat diperlukan untuk dapat melakukan proses pembelajaran secara lebih cepat. Bayangkan, dengan komputer kita dapat merangkai kata demi kata menjadi sebuah buku jauh lebih mudah dibandingkan dengan hanya menggunakan mesin ketik biasa. Itu semua dapat dilakukan jika kita menguasai dengan baik teknik menggunakan komputer.

Itu sob, 8 Alasan mengapa pendidikan di Indonesia perlu adanya Revolusi dalam Pembelajaran.

Jika bermanfaat artikel ini silahkan di share ya sob.
Oya sob Sumber referensi artikel ini adalah buku "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa " Karya Supardan.







1 Komentar untuk "8 Alasan Mengapa Pendidikan di Indonesia Perlu Adanya Revolusi Pembelajaran "

  1. Yupz.. Dunia pendidikan saat ini juga berputar sangat cepat. Perkembangan teknologi dan lainnya juga harus diimbangi dengan cara dan sistem pembelajaran yang ada. Harus ada perubahan.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel