5 Manfaat weblog Bagi Dunia Pendidikan di Indonesia

Manfaat Blog Bagi Dinas/Lembaga Pendidikan  Manfaat Blog Bagi Sekolah  Manfaat Blog Bagi Operator Sekolah  Manfaat Blog Bagi Guru  Manfaat Blog Bagi Orangtua
5 Manfaat Blog Bagi Dunia Pendidikan di Indonesia

Gurune.net - Bloger.com adalah media yang pertama kali mempopulerkan dunia blog, tahun 2002 google mengakuisisinya, dimulailah perkembangan pesat di dunia bloging. Blog banyak dimanfaatkan oleh berbagai lembaga dan kalangan, dengan tujuan yang beraneka ragam. Pemerintah, perusahaan, pehobi, sampai kalangan pribadi pun memanfaatkan untuk berbagai keperluan dan dengan motif dan tujuan masing-masing.

Blog dijadikan rumah suatu produk bagi mereka yang mempunyai karya atau jenis barang yang mereka kembangkan. Rumah maya tersebut dijadikan pusat marketing mereka. Informasi lengkap akan jasa atau barang yang mereka miliki tercatat lengkap disana dengan berbagai tampilan pendukung berupa image dan vidio.

Bahkan blog juga dimanfaatkan oleh seorang penipu untuk mengelelabui seseorang lewat informasi yang sesat dan dengan tujuan untuk keuntungan dirinya secara tidak benar. Blog jenis ini yang berbahaya tentunya.

Tapi jika kita berfikir positif, sebuah blog akan banyak manfaat untuk semua orang, sebab tanpa mereka-mereka membangun sebuah blog maka berbagai informasi di dunia maya akan sedikit.

Dengan berbagai manfaat yang ada dunia di Indonesia benar - benar harus mampu memaksimalkan media web / blog untuk berbagai tujuan di bidang pendidikan sebagai wujud pelayanan terhadap masyarakat akan berbagai informasi.

Gurune akan menjabarkan 5 manfaat website / blog bagi dunia pendidikan di Indonesia. Adapun kami urai satu persatu.Kita awali dari yang pertama.


Manfaat website bagi pemangku kebijakan dunia pendidikan.

Pemangku kebijakan dunia pendidikan dalam hal ini kemendikbud adalah sebuah kementrian  yang berfungsi mengurusi masalah pendidikan dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Berbagai hal terkait dunia pendidikan dibawah urusan kementrian ini.

Untuk itu website yang dimiliki oleh kementrian tersebut sangatlah memberikan manfaat terkait info dan kebijakan yang di update secara berkala.

Semua elemen yang terkait dibawah kemedikbud akan lebih banyak menyerap informasi dari web yang dimiliki oleh kemendikbud. Berbagai program yang sedang digagaspun secara cepat dapat di ketahui oleh masyarakat secara luas dengan informasi yang bisa di akses langsung di laman webnya.

Manfaat lain dari web kemendibud yaitu menjadi rumah dari berbagai bidang dibawahnya. Jadi dengan mengkases satu web ini kita bisa meluncur dengan cepat keberbagai web terkait didalamnya.

Akses layanan seperti pembelajaran online, beasiswa, kebijakan pemerintah terkait pendidikan semua tersedia didalamnya.Dan masih banyak manfaat lain yang bisa di dapatkan oleh dinas terkait dibawahnya, guru,mahasiswa, siswa, dan masyarakat secara umum.

Manfaat web / Blog Bagi Sekolah

Keberadaan web atau blog bagi sebuah institusi pendidikan dalam hal ini sekolah sangatlah penting.
Dengan adanya website atau blog yang dimiliki sebuah sekolah maka informasi apapun yang akan di bagikan ke masyarakat akan secara evektif tersebar. 
Di era digitalisasi seperti sekarang ini informasi digital sudah sangat relevan, begitupun informasi digital yang disampaikan sekolah ke wali siswa atau masyarakat secara luas.

Keuntungan lain web atau blog sekolah yaitu memudahkan kontrol masyarakat dan pemerintah akan kebijakan yang diterapkan di sekolah tersebut.

Masyarakat akan tau keunggulan dan kekurangan dari sebuah sekolah dari informasi yang ada di laman web / blognya.

Manfaat lain dari blog sekolah yaitu siswa dapat menyerap materi atau tugas yang bisa mereka dapatkan di laman sekolah yang mereka masuki.

Web / blog dijadikan sebagai media promosi sekolah yang sangat mudah dan dengan jangkauan yang lebih luas. Maka dengan keberadaanya sekolah bisa menjangkau masyarakat secara luas.

Manfaat Blog Bagi Guru

Guru saatnya mengenal dan memasuki dunia bloger. Banyak manfaat yang bisa di dapatkan didalamnya.
Mengajar bisa dilakukan dengan menulis, mencontohkan, mendampingi dan menerangkan atau berbicara. 

Sebetulnya gurune juga mempunyai keinginan apa yang gurune ajarkan dikelas gurune tulis kembali dan gurune share di blog khusus, tujuanya apa diperuntukan untuk anak - anak seluruh indonesia yang pada hari itu tidak hadir dikelas dan tidak dapat menerima pelajaran di kelasnya.

Dengan ringkasan materi yang termuat di blog tentunya akan memudahkan bagi anak-anak untuk mengakses dari rumah mereka apa saja yang disampaikan pada hari itu. Sehingga mereka akan tetap menerima materi dan tidak tertinggal dari teman - teman lainya.

Manfaat lain sebuah blog bagi seorang guru adalah, mereka bisa mengekspresikan apa yang mereka kuasai lewat laman blog seorang guru. Semisal seorang guru olahraga ahli dalam takraw guru tersebut bisa membagikan tips dasar bermain sepak takraw. Seorang guru olahraga ahli dalam berenang dia bisa menuliskan strategi menjuarai renang jarak 100 meter gaya bebas itu semisal, dan masih banyak lainya.

Manfaat berikutnya blog bisa dijadikan arsip sebuah materi ajar atau hal apapun yang gurune dapatkan dari sebuah diklat dengan menuliskan hasil diklatnya dalam blog tersebut sehingga jika suatu saat beliau lupa tinggal akses blognya untuk di baca ulang.

Mendapatkan pendapatan lebih dengan cara memonetize blog miliknya, sehingga mereka memiliki pendapatan lain yang menyenangkan dari apa yang dikuasai dan mereka bagikana lewat blognya. Caranya mudah daftarkan saja blog sobat ke adsense tapi syarat dan ketentuan berlaku. Search aja caranya. Dan masih banyak lagi dari memiliki sebuah blog.

Manfaat Blog Bagi Operator Sekolah

Ada satu warga sekolah yang bernama OPS sob, jasa beliau besar bagi keberlangsungan data sekolah. OPS paham persis semua data di sekolah yang mereka pegang. Dengan memiliki blog seorang OPS bisa memiliki manfaat lebih bagi teman-temannya apa saja manfaatnya.

Seorang OPS yang mempunyai sebuah blog pribadi mereka dapat membagikan pengalaman dalam mengoperasikan berbagai APK atau software yang mereka operasikan setiap hari kepada temanya. Baik trik pemakaian, cara pemakaian yang benar, dan cara pengisian data agar tidak bermasalah. Jadi keberadaan seorang bloger OPS benar - benar di butuhkan.

Seperti halnya blog guru, blog OPS justru akan lebih bisa maksimal sebab pencarinya orang - orang yang aktif di Internet.

Para OPS dalam pencarian di mesin pencari google lebih sering menanyakan berupa " What This...? dan How To....?" jika blog OPS mampu membahas pertanyaan terkait ke OPSan atau dapodik dengan tepat maka bersiaplah blog OPS akan di kunjungi ribuan visitor setiap harinya.

Manfaat Blog Bagi Siswa

Seorang siswa bisa juga lho mengopersasikan Blog, baik SD, SMP maupun SMK/SMA. Apa si manfaat ngeblog bagi mereka. Akan sangat banyak tentunya.

Untuk Siswa SD

Bagi siswa Sekolah Dasar yang sudah memiliki blog akan sangat bagus untuk kegiatan menulis. Anak SD kelas 4,5 dan 6 gurune rasa sudah mampu dalam mengembangkan sebuah karya berupa cerpen,puisi,pantun karya - karyanya. Akan sangat bagus tentunya bagi mereka jika karya mereka bisa dinikmati jutaan anak lain di Indonesia. Maka manfaat utama bagi anak SD adalah sebagi media share dan media belajar.

Bagi Siswa SMP

Meluangkan waktu untuk menulis memang tidak gampang apalagi bagi anak yang masih menyukai dunia bermain. Tapi sangat bagus jika hobi mereka bisa termuat dalam sebuah karya tulis di blog pribadinya semisal siswa kelas 8 menyukai dunia seni yaitu bermain guitar.. anak tersebut bisa membuat cord sebuah lagu dengan beberapa improvisasinya dan dimuat dalam blog pribadinya.

Bagi Siswa SMA/SMK 

Untuk level ini sudah sangat-sangat mampu. Sebab daya nalar mereka sudah tinggi banyak sekali siswa sma/smk yang memiliki blog atau web terkenal dan bisa mendatangkan uang utntuk mereka. Baik blog desain, tips dan trik, traveling, hobi dan lainya. Apalagi anak SMA/SMK " Jaman Now" yang tidak gaptek dalam teknologi dan informasi.

Itulah beberapa uraian tentang manfaat web atau blog bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Sebetulnya masih banyak lagi yang bisa diuraikan. Sebab keterbatasan gurune hanya sampai ini bisa gurune jabarkan. Sobat bisa menambah pada kolom komentar jika ada yang perlu ditambah, dan koretor tulisan jika ada yang kurang pas.

2 Komentar untuk "5 Manfaat weblog Bagi Dunia Pendidikan di Indonesia"

  1. Terima kasih infonya sangat bermanfaat, kunjungi website kami juga di https://jos.co.id/


    Semoga sukses selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih..hehehe ya selalu kukunjungi balik ....

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel