Profesi Jaman Now



Gurune.net - Memasuki awal era industri 4.0 pekerjaan atau profesi semakin aneh - aneh kata orang tua kita. 8 Tahun yang lalu saja belum ada yang namanya tukang RT ( retweet ), admin toko online, jual beli akun Instagram, CS toko online dll. Gurune menyebutnya dengan nama Profesi Jaman Now .

Bermodalkan akun Youtube bayu skak, ata halilintar, ria ricis, pak ndul bisa meraup milyaran rupiah dalam hitungan bulan, dengan modal akun bloger yang ter monetise dengan adsense para bloger bisa meraup puluhan juta di gaji google. Gaji mereka jauh dari profesi jaman " Kunow" hehehe alias jaman dahulu. Di imbangkan saja dengan gaji para PNS yang dulu menjadi profesi idaman setiap orangtua kalah jauh gaji mereka dengan para profesi jaman Now. Kreativitas anak sekarang terfokus ke hal-hal yang berhubungan dengan data, internet, pemasaran online dll.

Dulu doktrin menjadi PNS adalah doktrin yang kuat, menjadi dokter, insinyur, akan tetapi secara pendapatan mereka sudah dikalahkan oleh profesi - profesi yang baru. Seorang penjual knalpot online bisa meraup jutaan rupiah dalam satu hari itu wajar di jaman sekarang sangat jauh dengan gaji PNS jika di hitung satu hari. Bahkan diawali dari hobi traveling saja di vlog pribadi mereka setiap bulan dapat gajian dari google. Orang - orang terkaya di dunia seperti mark pemilik facebook, jac ma alibaba adalah profesi baru yang hanya ada di jaman sekarang.

Guruh sabda nugroho pria asli solo yang awalnya menganggap merantau di Jakarta adalah kebanggan, beberapa tahun yang lalu disaat kaskus lebih menonjol dari facebook guruh lebih memilih pulang ke solo karena bangga berprofesi sebagai seller FJB ( Forum Jual Beli ) kaskus dengan omset 80 juta per bulan!

Fenomena ini mesti harus dijawab oleh dunia pendidikan. yang masih lambat untuk mencetak SDM dalam mengisi banyaknya jenis profesi baru yang bermunculan saat ini. Bisa jadi dengan perubahan yang sangat drastis kedepan lebih memilih menjadi Sarjana Youtuber ketimbang menjadi sarjana pendidikan.

Makin banyaknya profesi yang bisa dipilih ternyata belum dibarengi oleh dukungan para kaum ( dengan pemikiran ) tua. Banyak dari mereka yang masih menganggap profesi " aman " seperti PNS adalah goal yang harus diraih oleh anak-anaknya.

Saya tidak menggap profesi PNS itu jelek. Justru PNS adalah profesi yang mulia yang tugasnya menjadi pelayan masyarakat dan berbakti sepenuhnya kepada bangsa dan negara. Tapi menjadi jelek jika menjadi PNS sebab paksaan bukan karena panggilan jiwa. Jika output PNS dari sebab paksaan maka kinerja mereka justru menjadi malas, tidak punya inisiatif, kurang kreatif, dan kurang semangat kerja.

Kaum pemikir tua memang harus sesegera mungkin bisa menyesuaikan di era sekarang, pemikiran mereka harus bisa lebih fleksibel. Dunia terus berubah, tantangan makin beragam. Profesi yang baru adalah dampak dari semakin majunya Jaman dan kita generasi sekarang harus benar- benar bisa fleksibel dalam pemikiran untuk menghadapinya.

10 tahun lalu profesi youtuber adalah profesi yang tidak tau akan ada di era sekarang tapi faktanya sekarang setiap anak muda berlomba - lomba menginginkan profesi ini. tapi perlu diingat semua ini adalah beberapa contoh bentuk respon kreatif dalam wujud profesi untuk menjawab dinmisnya dunia ini dari waktu kewaktu.

Untuk kids jaman now ini pekerjaan bukan buat memperoleh fulus saja tetapi pula bagaikan bukti diri . Nah apa saja pekerjaan yang lagi hits di golongan anak muda. Berikut gurune.net merangkumnya lewat riset dari mbah google. Inilah profesi yang lagi booming untuk milenial berikut ini.

1. Selebgram

2. Youtuber

3. Blogger

4. Buat Startup

5. Makeup Artist

6. Website Developer

7. Aplikasi engineer

8. Penulis serta editor

9. Asisten media planner

10. Presenter Televisi Traveling. 

11. Gamer Profesional

12. Fotografer dan Vidiografer

13. Internet Marketer dan digital marketer

Jadi, buat jadi kaya di masa digital dikala ini telah sangat banyak macamnya. Jadi orang kaya ala kids era now telah berbeda metodenya dengan era old.

Mempunyai pemasukan puluhan sampai ratusan juta tidak cuma dapat ditempuh dengan tata cara konvensional, terdapat banyak triknya.

Para pensiunan di bidang tersebut dapat menampilkan kemampuan dalam pribadinya, kalau dengan menjajaki passion serta atensi kemudian diolahnya jadi konsistensi, hingga mereka- mereka ini dapat jadi seseorang pesohor yang kaya raya.

Bisa jadi sebagian tahun ke balik, profesi menjanjikan semacam ini dikira remeh serta tidak kualitas. Tetapi, mereka malah menarik hati jutaan pasang mata di segala dunia, spesialnya di bumi pertiwi.

Jadi, kapan sob kita ikutin jejak mereka? 


Belum ada Komentar untuk "Profesi Jaman Now"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel