Kecerdasan Kreatif ( Kreativitas )

kecerdasan kretif ( kreativitas )

Gurune.net - Pada umumnya ketika kata " Kreativitas " disebut, kebanyakan asosiasi orang berfikir bahwa hal tersebut merupakan milik seorang seniman, penulis, sastrawan, musisi dan lainya.Pandangan tradisional tentang " Kreativitas " seperti itu masih berlaku hingga saat ini. Penelitian ilmiah aktual menunjukan bahwa kreativitas bukan lagi menjadi milik segelintir orang - orang pilihan. Saat ini kreativitas sudah menjadi dunia yang oleh seluruh manusia dapat berpartisipasi untuknya dalam setiap kegiatan sehari-hari.

Tiga aspek yang menentukan pencapaian prestasi seseorang, yaitu :
  • Motivasi yang tinggi.
  • Ketrampilan dalam bidang yang ditekuni ( skills )
  • KREATIVITAS
Kreativias merupakan sesuatu yang dapat dipelajari dan dikembangkan. Satu hal lagi yang harus diyakini adalah bahwa semua orang memiliki potensi kreatif, meskipun tidak semua orang dapat mengembankan dan menggunakan secara penuh ( Scott, 1999 )

Sydney X seorang editor dari buku berjudul " Creativity in Action " mengatakan " Aku lebih suka untuk tidak mendefinisikan istilah kreativitas, kreativitas harus diperbuat orang ke orang atau dari judul buku ke judul buku.

McLean Belmot mengatakan " Sebagian orang boleh jadi orang tidak kreatif dalam kehidupan mereka sehari-hari, namun itu tidak berarti bahwa mereka tidak dapat bisa menjadi memiliki kemampuan kreatif.

Ciri kemampuan berfikir kreatif :
  1. kelancara atau ( fluency ), yaitu kemampuan menghasilkan banyak gagasan
  2. keluwesan ( flexibility ), mengembangkan berbagai pemecahan dan pendekatan masalah
  3. keaslian ( originality ), memutuskan gagasan dengan cara-cara genuin atau asli
  4. elaboration atau penguraian, yaitu kemampuan untuk menguraikan secara rinci dan sistematis.
  5. Reefinition, yaitu kemampuan untuk meninjau suatu persoalan berdasar perspektif yang berbeda dengan apa yang sudah diketahui oleh banyak orang.

Belum ada Komentar untuk "Kecerdasan Kreatif ( Kreativitas )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel