Cara Mengasah Kreativitas


cara mengasah kreativitas

Gurune.net - Banyak hal yang bisa kami pelajari dari buku Kreatif Sampai Mati karya mas waditya, berikut adalah salah satu tulisan mas waditya dalam bukunya yang akan coba kami rangkum bagaimana cara mengasah kreativitas. 

Agar kreativitas kita makin terasah. ada perilaku yang harus kita biasakan. Sering - seringlah melakukan hal SPONTAN .

SPONTAN itu tidak ada paksaan dari siapapun. Semua muncul dari inisiatif kita. Lagi pula, sesuatu yang dipaksakan memang tidak enak kan??

Asyiknya spontan adalah kita tidak tau endingnya seperti apa? Kita sebagai kreatornya dibuat penasaran.

Wong Kar-Wai. Seorang sutradara film legendaris dari Hong Kong, ketika proses syutingsering melakukan spontanitas dalam pengadeganya, perombakan naskah serta alur cerita.( membuat film itu seperti mematung, menyingkirkan batu yang tidak perlu secara spontan untuk melihat sebenar benarnya yang ada didalam - Wong Kar - Wai )

Inspirasi karya yang pernah mas waditya lakukan dalam melakukan kreativitas spontan yaitu ketika ada kasus Prita Mulyasari, seorang ibu rumah tangga di Tangerang yang di gugat oleh Rumah Sakit Internasional. Kala itu banyak masyarakat merasa terusik dan gerah melihat ketimpangan keadilan yang dialami mba prita.Prita di gugat 204 Juta rupiah atas curhatanya melalui surel tentang keluhan perawatan yang dia alami. Pihak rumah sakit menganggap keluhanya sebagai pencemaran nama baik. Dalam waktu yang relatif singkat, ribuan masyarakat Indonesia secara spontan berinisiatif menggalang dana dengan mengumpulkan koin untuk membayar gugatanya tersebut sebagai bentuk keprihatinan arogansi institusi rumah sakit. Di situlah mas waditya terpanggil hatinya terinspirasi untuk terlibat dalam gerakan itu. Secara spontan was wadit mendesain LOGO tentang prita dalam pembuatan logonya pun terkesan sangat cepat hanya membutuhkan waktu dua jam saja. Tapi memang benar kami pun kadang saat berkarya dalaam pembuatan desain disaat spontan akan memiliki energi yang berlebih dan karya kreatif yang dihasilkan supercepat serta spontanitas juga maknyus hasilnya. Lanjut ya sob kami ceritakan kisah mas wadit setelah membuat logo tadi...

Tak lama mas wadit sebar logo prita tadi beserta lampiran file hi - res nya ke blog yang dimilikinya, ke akun akun jejaring sosial lainya serta forum - forum online populer lainya. dengan harapan banyak orang yang akan menggunakan grafis Logo yang dibuatnya sebagai bentuk dukungan ke mba prita. Duar...luar biasa ternyata benar sebagian besar pertemanan di FB nya memakai Logo tersebut sebagai bentuk dukungan. Tanpa dinyana Logo tersebut digunakan sebagai Logo resmi untuk gerakan dukungan bagi mba prita. Logo spontan penuh kreativitas tadi di gunakan untuk kampanye melalui T- Shirt, stiker, box penggalangan dana, banerdan lainya. Tidak tanggung - tanggung dana yang terkumpul dari gerakan itu mencapai 650 juta rupiah dari dana yang dibutuhkan hanya 204 juta saja dan dari dukungan dana yang begitu besar ahkhirnya prita bebas. Ternyata dari kretivitas yang datang spontan saja bisa ikut andil besar untuk ikut mengatasi masalah yang besar sebagai wujud dukungan sosial.

Lanjut ------>>> Enjoy, Jangan ditunda

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengasah Kreativitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel