Apa Indikator untuk menilai tingkat kreativitas seseorang?

Indikator untuk menilai tingkat kreatifitas seseorang
gurune.net

Gurune.net - Creativity Quotient ( QC ) merupakan sebuah indikator untuk menilai tingkat kreativitas seseorang. ada 12 komponen dari indikator tersebut antara yaitu :


  1. Rasa Ingin Tahu ( curiosityseberapa besar keingintahuan seseorang terhadap segala sesuatu, baik itu berupa informasi, orang, dan kehidupan pada umumnya.
  2. Keluwesan ( Flexibility ) Dapatkah melihat sesuatu di luar rutinitas ? Mampukah anda melakukan manipulasi ide atau gagasan ?
  3. Proaktivitas ( proactivity ) Apakah anda mampu memulai sesuatu tindakan ataukah anda terbiasa dengan menunggu perintah atau arahan orang lain?
  4. Keterbukaan ( opennes ) Apakah anda siap menerima berbagai gagasan dan menjadikannya sebagai peluang untuk kreatif?
  5. Keyakinan diri ( self-belife ) Seberapa kuat keyakinan diri anda ketika dituntut menjadi kreatif ?
  6. Visi ( Vision ) Apakah anda memiliki tujuan atau visi yang jelas sebagai pengarah atau pemandu masa depan?
  7. Intuisi ( Intuition ) Seberapa baik kekuatan Intuisi Anda ?
  8. Kemampuan Menyederhanakan masalah ( simplifyng ) Mampukan anda menilai gambar besar dan menghilangkan berbagai kekusutan dari suatu kompleksitas ?
  9. Pengambilan risiko ( risk-taking ) Seberapa besar keinginan anda meskipun berbagai tantangan dan hambatan ada di depan mata ?
  10. Kepekaan terhadap kecenderungan perubahan ( trendspotting ) Seberapa baik anda dapat mengamati dan mengikuti berbagai perubahan yang terjadi di sekitar anda?
  11. Suka tantangan dan petualangan ( challenging ) Apakah anda menerima begitu saja kondisi seperti saat ini ( status quo ) atau dapatkah anda menantang berbagai asumsi - asumsi tersebut ?
  12. Kemampuan mencari alternatif atau kaya akan inisiatif ( resourcefulness ) Ketika anda terjebak kemacetan lalu lintas, apakah anda mampu melihat atau mencari peluang untuk mencari jalan keluarnya ?
Seperti halnya dengan kekuatan otak ( brain power ) manusia, potensi kreatifitas seseorang dapat menurun sejalan dengan bertambahnya umur manusia. Berdasarkan penelitian maka potensi kreativitas paling maksimal terjadi pada usia anak anak yaitu 5 th

potensi kreativitas berdasarkan umur

Oleh karena itu ada prinsip penting kreatifitas yaitu bahwa untuk menjadi kreatif itu kita harus seperti ANAK-ANAK, namun bukan berarti kekanak-kanakan

" To  be creative, we must be childlike, whick is NOT the same as being childish "

#kreatif #kreativitas
Sumber referensi buku : Bagaimana Cara mengembangkan Kecerdasan 


Comments
0 Comments

Belum ada Komentar untuk "Apa Indikator untuk menilai tingkat kreativitas seseorang?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel