9 Hal yang Bisa Dilakukan Guru Dimasa Depan


Gurune.net - Era revolusi Industri 4.0 segera kita hadapi, semua akan terkena berbagai dampak dari era tersebut. Salah satunya adalah profesi seorang guru. Meskipun tidak terlalu besar dampaknya akan tetapi guru tidak boleh terlena, guru harus terus mampu meng-upgrade kemampuan untuk dirinya. Gurune.net akan memaparkan 9 Hal yang bisa dilakukan guru dimasa mendatang :

1. Materi Pelajaran berbasis " Link Data "
Internet menjadi pemicu kecepatan transfer data, melalui Internet Of Things data akan bisa terkirim cepat. Internet Of Things merupakan konsep pentransferan data melalui jaringan tanpa adanya interaksi manusia ke manusia atau manusia ke perangkat komputer. Disini jaringan internetlah yang akan berperan penting. Dukunga dari Big Data dimana berbagai format dapat diolah, disimpan dan di analisis dalam jumlah yang besar dan cepat sangat mendukung pengaruh sistem pentransferan materi berbasis link. Di era ini materi sebanyak apapun akan lebih mudah di sebar keberbagai individu melalui " Link Data ". Siswa yang tidak bisa menghadiri kelasnya bisa mengakses materi melalui link data sebagi sumber materi hari itu.

2. Kelas Maya 
Kecanggihan aplikasi komunikasi di abad 21 memungkinkan satu orang guru bisa mengajar ribuan siswa dalam satu waktu dan tanpa batas ruang dan waktu. kelas maya adalah jenis kelas yang efektif dan luas. Lintas negara bisa ikut bergabung didalamnya. Microsof melalui  Layanan vidio komunikasi " Skype " mampu memfasilitasi kelas maya yang bisa secara Live mengikuti pelajaran di benua tertentu dan bergabung dengan kelas lain di belahan dunia ini dengan satu guru atau narasumber. Interaktif kelaspun bisa dilakukan disini. Hal ini memungkinkan kedepan tidak ada batas ruang dan waktu dalam pendidikan. Bahkan akan terjadi pergeseran pendidikan ke arah global dimana satu orang guru bisa mengajar ribuan siswa dalam satu waktu dan tanpa dibatasi jarak, ruang dan waktu.

3. Penilaian Berbasis Web 
Penilaian sistem daring akan sangat efektiv dikemudian hari. Dimana siswa berada dapat mengakses tugas-tugas mereka pada laman yang telah diarahkan oleh guru. Disini guru akan dapat melakukan penilaian secara daring dan bisa dilakukan kapanpun.

4. Transparasi penilaian 
Sekarang sudah muncul aplikasi penilaian seperti " SiNis " sistem informasi nilai siswa yang di buat menggunakan PHP, MySQL dan Bootstrap 3, tujuan dibuatkannya aplikasi ini untuk memudahkan siswa dalam melihat nilai mereka tanpa harus repot repot datang ke sekolah cukup dengan akses komputer di rumah asalkan ada koneksi internet maka siswa dapat secara mandiri melihat perkembangan nilai hasil belajar mereka, SiNiS juga di rancang untuk bisa di akses di berbagai platform device karena telah memiliki tampilan web yang responsive dan siswa bisa melihat nilai mereka dari gadget sendiri.

5. KKG lintas negara
Di era akan datang Kelompok Kerja Guru tidak hanya mencakup guru dalam satu kawasan tertentusaja, Kelompok Kerja Guru dapat dibuat secara luas bahkan Lintas Negara Sekalipun. Kemudahan komunikasi menjadi jalan mulus adanya KKG Lintas Negara

6. Repeat Vidio
Guru dapat membagikan tayangan ulang pembelajaran dikelas untuk anak-anak yang sedang berhalangan hadir dikelas dengan penggunaan vidio pembelajaran yang di unggah ke laman tertentu di internet. Disini siswa dapat secara berulang mendengarkan penjelasan guru baik secara live maupun tidak.

7. Online Presensi
Kehadiran yang dicek secara daring. Semua aktifitas siswa tercatat secara online. Kehadiran siswa semua tercatat melalui daring. Disini memudahkan pengecekan prosentase kehadiran siswa dikelas dan lainya

8. Robot Asisten
Tak dipungkiri kecangihan Robot dimasa yang akan datang jelas akan semakin canggih. Kehadiran Robot Asisten dapat membantu kinerja guru dikelas. Tugas sang robot hanya melayani guru dan siswa didalam kelas untuk meringankan pengecekan siswa, tempat/kelas dsb.

9. Analisis Data Menyeluruh
Disini guru dapat mengecek tentang semua tentang siswa dengan adanya satu data yang tersimpan dan tercatat lengkap dalam satu data, memdahkan guru menganalisis passion siswa yang nantinya bisa dimanfaatkan dalam pemberian modul sesuai dengan passionnya dalam bentuk fille online.

Itulah sembilan Hal yang Bisa Dilakukan Guru Dimasa Depan.




Belum ada Komentar untuk "9 Hal yang Bisa Dilakukan Guru Dimasa Depan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel